Share

Kutukan 2 Penasihat Ketika Raja Majapahit Prabu Brawijaya V Masuk Islam

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Selasa 11 Januari 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 337 2529895 kutukan-2-penasihat-ketika-raja-majapahit-prabu-brawijaya-v-masuk-islam-lDeNrLSS58.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Diceritakan dalam buku Brawijaya Moksa Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit, Prabu Brawijaya V telah memeluk agama Islam sehingga sebenarnya di akhir kejayaan Majapahit.

Alkisah, Prabu Brawijaya V juga menyatakan akan memeluk agama Islam. Namun ternyata sebelumnya Prabu Brawijaya V menolak mentah-mentah ajaran Islam walaupun telah mendapatkan dakwah dari beberapa ulama besar salah satunya Sunan Ampel dan Raden Patah Sang Pangeran adalah putra Prabu Brawijaya V.

Konon ketegaran Prabu Brawijaya juga disebabkan saktinya dua penasihatnya Sabda Palon dan Naya Genggong yang selalu mendampinginya dan mencegahnya untuk masuk Islam.

Namun, Raden Patah tak kurang akal, kebetulan dia, memiliki penasihat di Keraton Demak Bintoro yaitu Sunan Kalijaga yang memiliki karomah luar biasa sehingga dapat diandalkan dalam memberikan pencerahan mengenai Agama Islam kepada Brawijaya V.

Masuknya Islam Prabu Brawijaya V di depan Sunan Kalijaga tak urung menyebabkan kemurkaan Sabda Palon dan Naya Genggong.

Namun keduanya tak bisa berbuat banyak dihadapan Sunan Kalijaga. Kedua penasihat spritual ini pun kemudian pergi meninggalkan Prabu Brawijaya V dengan mengeluarkan kutukan bahwa mereka akan kembali menguasai tanah Jawa 500 tahun lagi.

Jika dihitung 500 tahun dari tahun 1400 Saka atau 1478 M, maka menjadi tahun 1978!

Lantas, ada peristiwa apakah pada tahun 1978 M di tanah Jawa (Indonesia)?

Pertama, pada tahun 1978 M terdapat suatu pertentangan keras dalam SU MPR mengenai masuknya Aliran Kepercayaan kepada Tuhan YME, bahkan kelompok Islam pun tak berdaya menolaknya.

Kedua, kebetulan pada tahun 1978 M telah berdiri suatu Aliran Kepercayaan Kepada Tuhan YME (Kebatinan) yang bersifat non-agama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini