Share

Presiden Jokowi Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Harus Adil dan Merata

Tim Okezone, Okezone · Senin 10 Januari 2022 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 337 2529873 presiden-jokowi-tegaskan-vaksinasi-covid-19-harus-adil-dan-merata-m8rRmYiILa.jpg Presiden Jokowi (tangkapan layar RCTI Plus)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akses terhadap vaksinasi Covid-19 bagi seluruh negara dunia masih menjadi persoalan. Ia pun menegaskan, vaksinasi Covid-19 harus dilakukan secara merata.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat berbincang dengan Pemimpin Redaksi RCTI Atika Suri dalam Dialog Spesial, Senin (10/1/2022).

Jokowi menjelaskan, tingkat vaksinasi di negara-negara maju sudah mecapai 80 hingga 90 persen. Namun, di negara-negara miskin tingkat vaksinasi masih rendah.

"Sejak awal saya sampaikan problem terbesar saat ini adalah dalam akses kepada vaksin. Negara-negara maju, negara kaya, ada yang di atas 90 persen, ada yang 80 persen," ucapnya.

Karena itu, Jokowi menegaskan, harus ada keadilan dalam hal vaksinasi. Itu pun menyebut, vaksinasi merupakan tanggung jawab bagi semua negara.

"Ini yang saya katakan akses kepada vaksin betul-betul ada keadilan, harus merata dan semua negara bertanggung jawab terhadap itu," ujarnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Ungkap 2 Kunci Hadapi Varian Omicron

Jika vaksinasi tidak dilakukan secara merata, nantinya dapat memicu penyebaran. Jokowi mencontohkan varian Omicron yang kini merebak di hampir seluruh negara dunia.

"Karena kalau tidak ya percuma. Yang ini sudah vaksin, ada yang belum nanti akan nular lagi yang sudah vaksin. Seperti kejadian omicron kan seperti itu," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Negara menyatakan, sebanyak 282 juta dosis vaksin Covid-19 sudah disuntikkan ke masyarakat. Dari jumlah tersebut, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 79%.

"Kita sudah menyuntikkan 282 juta dosis pada rakyat kita. Yang dosis pertama capai 79 persen, dosis kedua sudah capai 54 persen. Ini patut kita syukuri," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini