Share

KPK Serahkan Jenazah Wabup Nonaktif OKU ke Pihak Keluarga

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Senin 10 Januari 2022 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 337 2529871 kpk-serahkan-jenazah-wabup-nonaktif-oku-ke-pihak-keluarga-krIGGLUCMd.jpg Plt Juru bicara KPK, Ali Fikri (foto: dok MNC Portal)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa Wakil Bupati (Wabup) nonaktif Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Johan Anuar meninggal dunia, pada Senin (10/1/2022). Dia menghembuskan nafas terakhirnya karena sakit.

"Informasi yang kami terima yang bersangkutan (Johan Anuar) meninggal dunia karena sakit," ujar Plt juru bicara bidang penindakan KPK, Ali Fikri saar dikonfirmasi, Senin (10/1/2022).

Ali mengatakan, penahanan Johan sempat dibantarkan oleh Majelis Hakim tingkat kasasi. Johan pun sempat menjalani perawatan medis.

Baca juga:  Wabup Nonaktif OKU yang Terjerat Korupsi Lahan Kuburan Meninggal Dunia

"Selama ini sesuai penetapan majelis hakim tingkat kasasi, terdakwa sedang menjalani pengobatan dan dibantarkan di RS dengan pengawalan dari petugas KPK," kata Ali.

Baca juga:  Kabar Duka, Pendiri Partai Perkasa Romo Sudir Santoso Meninggal Dunia

KPK pun menyerahkan jenazah Johan Anuar kepada pihak keluarga guna prosesi pemakaman.

"Saat ini segera dilakukan penyerahan jenazah kepada pihak keluarga," kata Ali.

Diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palembang yang dipimpin Erma Suharti menyatakan terdakwa Johan Anwar terbukti melakukan korupsi lahan kuburan di Kabupaten OKU dengan vonis 8 tahun.

Vonis yang dijatuhkan Hakim tersebut hampir sama dengan tuntutan JPU KPK pada sidang beberapa waktu lalu. Tidak hanya kurungan badan, Johan Anuar juga divonis membayar denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan, serta diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp3,2 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini