Share

5 Pemimpin Negara Paling Tua di Dunia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 10 Januari 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 337 2529624 5-pemimpin-negara-paling-tua-di-dunia-bE4YUkKJjC.jpg Ratu Elizabeth II (foto: Royal Family)

JAKARTA - Beberapa negara di dunia memiliki pemimpin dengan usia tua. Meski telah lanjut usia, nyatanya tidak menghalangi para pemimpin dunia ini dalam menjalankan sederet aktivitasnya.

Terbukti, kepemimpinannya berjalan dengan baik. Berikut beberapa pemimpin negara paling tua di dunia yang berhasil dirangkum Litbang MPI :

1. Elizabeth II, Ratu Inggris

Ratu Elizabeth II merupakan pemimpin negara perempuan satu-satunya yang telah berusia lanjut. Dengan nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary, ia lahir pada 21 April 1926 dan kini berusia 95 tahun.

Ia telah memegang kekuasaan selama 69 tahun sejak penobatannya pada 6 Februari 1952. Ratu Elizabeth II memiliki 2 hari lahir, yakni hari perayaan asli pada 21 April, dan hari perayaan resmi yang biasanya digelar pada bulan Juni.

2. Salman bin Abdulaziz al-Saud, Raja Arab Saudi

 

Lahir pada 1935, Raja Salman baru menduduki takhta sebagai Raja Arab Saudi di tahun 2015. Ketika itu usianya telah menginjak 79 tahun. Kini, di usianya yang telah 85 tahun, Raja Salman masih aktif memimpin Arab Saudi dan melakukan kewajiban sebagai seorang raja.

Misalnya melakukan tugas kenegaraan dengan berkunjung ke negara-negara sahabat. Pada 2017, Raja Salman mengunjungi Indonesia dalam rangkaian kunjungan kenegaraannya.

3. Paul Biya, Presiden Kamerun

 

Sejak 6 November 1982, Paul Biya menjabat sebagai Presiden Kamerun. Hal ini membuatnya menjadi presiden dengan masa menjabat terlama kedua di Afrika, serta pemimpin yang bukan golongan kerajaan yang menjabat paling lama di dunia. Pada usianya yang menginjak angka 88 tahun di tahun ini, Biya telah memimpin Kamerun selama hampir 40 tahun dan masih aktif menjalankan tugas sebagai kepala negara tersebut.

4. Harald V, Raja Norwegia

 

Raja Harald V, yang kini berusia 85 tahun, naik takhta sebagai pemimpin Norwegia menggantikan ayahnya, Olav V, pada 17 Januari 1991. Dengan demikian, ia telah memimpin negara tersebut selama 30 tahun. Pada masa mudanya, Raja Harald V pernah belajar di Akademi Militer Norwegia dan Balliol College, Oxford. Selama menempuh pendidikan militer, ia mencapai pangkat kapten di tiga cabang angkatan bersenjata negaranya.

5. Raul Castro, Presiden Kuba

 

Adik dari Fidel Castro ini telah menjabat sebagai Presiden Dewan Negara Kuba sejak 24 Februari 2008. Sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai Wakil Presiden Pertama Dewan Menteri sejak tahun 1976 dan Sekretaris Kedua Komite Pusat Partai Komunis Kuba sejak tahun 1965. Di usianya kini yang telah menginjak angka 90 tahun, Raul Castro masih menjalankan tugasnya sebagai presiden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini