Share

Diguyur Hujan Deras Selama 4 Jam, Lahar Gunung Semeru Kembali Menerjang

Yayan Nugroho, iNews · Minggu 09 Januari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 337 2529596 diguyur-hujan-deras-selama-4-jam-lahar-gunung-semeru-kembali-menerjang-5UhGiW5MH8.png Lahar semeru yang membuat warga panik (foto: tangkapan layar)

LUMAJANG - Banjir lahar hujan Gunung Semeru kembali menerjang jembatan Limpas Gondoruso, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/1/2022). Banjir lahar hujan terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah puncak gunung semeru selama kurang lebih 4 jam, meski tidak berdampak ke permukiman warga namun akibat banjir lahar hujan ini Jembatan Gondoruso kembali dipenuhi material vulkanik, yang terbawa banjir.

Baca juga:  Gunung Semeru Kembali Luncurkan 2 Kali APG pada Dini Hari

Banjir lahar hujan dengan getaran amplitudo 40 milimeter itu membuat warga yang bermukim disekitar jalur lahar panik. Banjir lahar hujan membawa material vulkanik Gunung Semeru berupa pasir dan bebatuan, serta endapan material lahar yang masih panas, hingga mengakibatkan asap panas mengepul di sepanjang aliran lahar.

“Derasnya aliran lahar hujan juga menerjang badan jembatan gondoruso, hingga material vulkanik kembali memenuhi di sekitar jembatan, padahal petugas baru saja membersihkan material banjir di jembatan ini,” kata petugas, Agung Suharno.

Baca juga:  Penanganan Paska Erupsi Gunung Semeru Masuki Status Transisi Darurat

Untuk mengantisipasi warga yang nekat menyeberangi jembatan, petugas menutup akses menuju jembatan gondoruso lantaran sangat membahayakan

Sayangnya meski petugas telah menutup akses menuju jembatan, masih ada saja warga yang nekat melintasi jembatan saat banjir terjadi.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini