Share

Kisah Raja Majapahit Masuk Islam Berkat Cara Unik Sunan Kalijaga

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Senin 10 Januari 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 337 2529570 kisah-raja-majapahit-masuk-islam-berkat-cara-unik-sunan-kalijaga-wurUgMGDZc.jpg Sunan Kalijaga (Foto : Istimewa)

RAJA Brawijaya V adalah raja terakhir yang berkuasa di Majapahit. Pribadi yang biasa dikenal dengan Prabu Kertabumi ini akhirnya konon memutuskan menjadi mualaf atau masuk Islam setelah mendapat nasihat dari Sunan Kalijaga.

Dikutip dari buku “Brawijaya Moksa: Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit” tulisan Wawan Susetya dan Wijdan Fr, sebagai seorang maestro (pelindung budaya), budayawan serta ahli strategi politik, tentu tak sulit bagi Sunan Kalijaga untuk membujuk hati Prabu Brawijaya V yang sedang menjalani dharma di kawasan Argo Lawu.

 Baca juga: Kisah Pertapaan Sunan Kalijaga di Gua Langsih: Awal dari Raden Sahid Jadi Wali Songo

Dalam Serat Darmogandhul disebutkan bahwa Sunan Kalijaga ketika berdakwah menggunakan bahasa yang penuh metafora, simbolis atau perlambang kepada Raja Brawijaya V. Yaitu dengan mengontekstualkan syariat, thariqat, hakikat, makrifat dengan persenggamaan antara suami-istri.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Bukan dimaksudkan menghina agama Islam, tetapi hanya dimaksudkan sebagai siasat agar Raja Brawijaya V berkenan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Begitulah, dengan metode dakwah yang lentur dan moderat seperti itu, akhirnya dakwah Sunan Kalijaga berhasil secara gilang-gemilang. Raja Brawijaya V pun bersyahadat di bawah bimbingan Sunan Kalijaga secara sukarela tanpa paksaan sedikit pun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini