Share

Fenomena Spirit Doll, Psikolog Unpad: Waspada Bila Hanya Melihat Efek Positifnya

Arif Budianto, Koran SI · Jum'at 07 Januari 2022 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 337 2528949 fenomena-spirit-doll-psikolog-unpad-waspada-bila-hanya-melihat-efek-positifnya-e4HoCuPTsq.jpg Ilustrasi. (Foto: Ali Express)

BANDUNGBoneka arwah spirit doll sedang jadi tren saat ini. Lantas, bagaimana orang tua atau orang terdekat menyikapi fenomena ini.

Menurut Dosen Departemen Psikologi Sosial Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Retno Hanggarani Ninin, jika masih dalam asuhan orang tua, maka perlu memberikan pengasuhan yang seharusnya agar anak bisa berkembang dengan optimal. Pengasuhan yang baik dan optimal akan membuat anak punya kesiapan untuk bertahan secara mandiri dalam menyelesaikan persoalan hidupnya.

Ketika seseorang yang mengalaminya sudah dewasa, yang seharusnya secara psikologis sudah mandiri, orang tua maupun anggota keluarga lain bisa menjadi support system. Hal tersebut bertujuan untuk menyangga ketika ada kondisi psikologis tertentu yang tampaknya memerlukan dukungan.

Namun, kata Ninin, dampak support system bisa bersifat konstruktif (membangun), bisa pula destruktif (menghancurkan). Konstruktif terjadi apabila apa yang dilakukan anggota keluaga sesuai dengan apa yang diinginkan orang yang didukung.

Baca juga: Boneka Arwah Hantu Menyeramkan di Dunia, Nomor 3 Miliki Kekuatan Gaib

Jika dukungan tidak sesuai dengan yang diharapkan, support system bisa menjadi destruktif. “Arah support ini bisa ke mana, bergantung kesepakatan antara anggota keluarga yang men-support dengan anggota keluarga yang di-support,” kata Ninin.

Saking viralnya, beberapa orang penasaran bahkan ingin membeli spirit doll. Ninin menegaskan untuk memperhatikan urgensi dari memiliki boneka tersebut. “Tujuan kita memiliki sesuatu itu penting. Kalau sesuatu itu kita butuhkan untuk kebutuhan dasar, maka kita layak untuk membelinya,” ucap Ninin.

Karena itu, membeli spirit doll harus jelas tujuannya untuk apa. Bila untuk suvenir atau hobi serta memiliki kemampuan untuk membeli, maka membeli spirit doll serupa dengan membeli suvenir-suvenir lain pada umumnya.

Namun, ketika orang merasa perlu membelinya karena menganggap bahwa spirit doll bisa memberikan efek psikologis yang menenangkan, pada saat ia sedang berada dalam keadaan yang membutuhkan ketenangan, maka situasi ini yang mesti diwaspadai.

“Yang perlu diwaspadai juga adalah ketika seseorang membeli boneka itu hanya karena melihat efek positif dari model yang memilikinya, yang ada di media sosial, padahal yang dilihat di media sosial tersebut belum tentu benar,” ujar Ninin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini