Share

Benarkah Orang Terindikasi ODGJ Cuma Perlu Didengar? Ini Kata Dokter Tirta

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Jum'at 07 Januari 2022 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 337 2528939 benarkah-orang-terindikasi-odgj-cuma-perlu-didengar-ini-kata-dokter-tirta-qVUvrf2kou.jpg Dokter Tirta (Foto: ist)

DIBUTUHKAN kesabaran yang ekstra untuk menghadapi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), seperti itulah apa yang dikatakan dr.Tirta dalam perbincangannya baru-baru ini terkait masalah penyakit mental. 

Melansir dari unggahan dari sosial media @mental.suksesku dr.Tirta memberi tips dan saran untuk memberi respon yang baik terhadap ODGJ. Setidaknya ada dua narasi yang didengungkan oleh dr.Tirta pada video tersebut.

Baca Juga: Bocah 6 Tahun Lolos dari Percobaan Penculikan, Terduga Pelaku Ternyata ODGJ

ODGJ Cuma Perlu Didengar 

Gangguan jiwa merupakan perilaku yang muncul karena adanya kelainan mental yang bukan bagian dari perkembangan fisik normal manusia. Penyakit ini akan menggerogoti pikiran dan perasaan seseorang yang akan berdampak pada seluruh bagian tubuh.

Mendengarkan keluh kesahnya merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan dalam memberi perhatian para pengidap gangguan mental. Meski hanya butuh untuk didengarkan, tidak semua orang mampu memahami dan mengerti apa kemauan mereka. Padahal, mereka akan merasa dihargai, pikiran dan perasaan mereka pun akan menjadi lebih membaik.

ODGJ Tampak Senang Bila Tetap di Sisinya

Banyak ODGJ merasa takut dan menjaga jarak dengan orang lain dan lingkungan tempat tinggalnya. Langkah selanjutnya dalam memberi perhatian adalah dengan tetap berada di sisinya. Dengan memahami keadaan mereka dan tidak menjauh, mereka akan merasa tetap aman.

Baca Juga: Terekam CCTV! Pria yang Memukul Pedagang Siomay di Mamuju Terindikasi ODGJ

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Unggahan yang telah ditonton 400 ribu kali tersebut mendapatkan respon positif dari para warganet. Kebanyakan dari mereka setuju terkait pernyataan dr.Tirta.

"Gak butuh solusi dan gak butuh dibela hanya ingin di dengar dan dimengerti,” tulis akun @shagita_g.

“Iya betul dan diajak ngobrol karena banyak pikiran yang mengganggu mereka,” tulis akun @fatma.

“Terkadang yg ngasih solusi malah makin nyelekit makin kepikiran makin nambah beban,” tulis akun @vevizelin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini