Cara Hoegeng Didik Anaknya: Tak Pernah Berikan Uang Jajan sejak SMP hingga Izinkan Jualan Koran

Fay Cilla, Okezone · Sabtu 08 Januari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 337 2528907 cara-hoegeng-didik-anaknya-tak-pernah-berikan-uang-jajan-sejak-smp-hingga-izinkan-jualan-koran-uCATLSWdgK.jpg Hoegeng bersama istri (Foto: istimewa)

JAKARTA - Hoegeng Imam Santoso dikenal sebagai tokoh yang tegas dan antikompromi sehingga Kapolri kelima itu menjadi salah satu tokoh yang dikenal jujur, disiplin, dan antikorupsi selama hidupnya.

Bahkan, Presiden keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) melontarkan humor hanya ada tiga polisi yang jujur yakni polisi tidur, patung polisi, dan Hoegeng.

Salah satu gambaran ketegasan dan kejujuran Hoegeng yakni saat mendidik anak-anaknya yakni Reni Soejarti, Aditya Soetanto Hoegeng, dan Sri Pamujining Rahayu.

Hoegeng menerapkan komitmen kejujurannya, disiplin, hingga kesederhanaannya dengan tidak memanjakan ketiga anaknya meski ayahnya mempunyai jabatan mentereng. 

Dia bahkan tidak pernah memberikan uang jajan kepada anak-anaknya sejak SMP, dan mengizinkan ketiga anaknya berjualan untuk mendapatkan uang jajan guna menghargai uang dengan baik dan terencana.

“Mas Dharto, Hoegeng izinkan anak-anak Hoegeng berjualan koran atau kue agar mereka tau bagaimana cara mendapatkan uang dan menggunakannya dengan baik. Jadi mereka harus berkerja dulu sebelum memiliki uang. Tak bekerja ya tidak ada uang," ucap Hoegeng dikutip dalam buku Hoegeng Polisi dan Mentri, Sabtu (8/1/2022).

Anak Hoegeng, Didit menyadari bahwa apa yang diajarkan sang ayah benar adanya, dampak yang dirasakan didit ialah profesionalisme dan integritasnya selalu dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Banyak hal yang bisa dirasakan sekarang. Selain kerja keras, tak gampang putus asa, juga tak membiasakan menggantungkan diri pada orang lain,” tegas Didit.

Begitu juga Reni, ia harus berjualan kue-kue seperti lemper dan lainnya di sekolahannya di Cikini. Kue tersebut dibuatnya bersama ibunya Reni.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini