Share

Humor Gus Dur: Makna di Balik Langkah Zigzag dan Jurus Dewa Mabok

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 08 Januari 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 337 2528844 humor-gus-dur-makna-di-balik-langkah-zigzag-dan-jurus-dewa-mabok-l8chTYYRJj.jpg Foto: Ist.

JAKARTA - Banyak orang yang kerap dibikin bingung dengan langkah seorang KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam persoalan-persoalan tertentu.

Menurut sebagian sahabat karibnya, Gus Dur mempunyai langkah zigzag dan jurus dewa mabok untuk menggambarkan keputusan-keputusannya yang tidak mudah dipahami oleh orang lain. Demikian dilansir dari NU Online.

BACA JUGA: Humor Gus Dur : Tukang Becak Dibentak Polisi

Bahkan, tak jarang memunculkan hujatan-hujatan kepadanya. Meskipun banyak pelajaran tak mudah dari Gus Dur, dia tetap memegang prinsip mempermudah atau mengambil jalan sederhana dari persoalan sesulit apapun.

Maka dari itu, muncullah istilah khasnya, gitu aja kok repot!

Sebagai pelajaran dari Gus Dur bahwa setiap persoalan itu mudah, yang susah lika-liku atau birokrasinya dan main mutlak pemikiran sehingga pemikiran tertutup (eksklusif) dalam menyikapi sebuah perbedaan.

Suatu ketika datang seseorang yang mengungkapkan semua persoalan hidupnya kepada Gus Dur dengan segala rona kesusahannya.

“Ini kira-kira bagaimana, Gus?”

Gus Dur menanggapi, “Bisa kamu kerjakan nggak?”

“Bisa Gus.”

“Ya sudah tidak perlu dipikirkan,” jawab Gus Dur enteng.

“Kalau pun tidak bisa kamu kerjakan, ya sudah tidak perlu dipikirkan,” kata Gus Dur lagi.

BACA JUGA: Saat Gus Dur Ditanya soal Hantu, Jawabannya Bikin Ngakak

Dari percakapan tersebut, begitu mudahnya Gus Dur menaikkan mental seseorang beribu-ribu kali lipat dari kesusahan dan beban berat yang dipikulnya. Tentu Gus Dur secara langsung tidak ikut andil mengerjakana semua kesulitan seseorang.

Namun, Gus Dur mengajarkan kepada orang bahwa di dalam kesulitan terpampang luas kemudahan dan jalan keluar sehingga yang perlu dipikirkan ialah solusi bukan kesulitan itu sendiri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini