Share

Wali Kota Bekasi Ditangkap KPK, Ini Pesan Wapres untuk Kepala Daerah

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 06 Januari 2022 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 337 2528418 wali-kota-bekasi-ditangkap-kpk-ini-pesan-wapres-untuk-kepala-daerah-z1plv2Jp2B.jpg Wapres Maruf Amin (Foto : Okezone.com)

JAKARTA — Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi alias Pepen terjerat operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi. Pepen belum berstatus tersangka, hingga kini ia masih diperiksa intensif oleh lembaga antirasuah.

Merespons itu, Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin mengatakan pihaknya sudah sering mewanti-wanti kepala daerah untuk bekerja dengan baik dan tidak bermain-main dengan perkara rasuah.

"Kita minta kepada kepala daerah untuk supaya bekerja dengan baik, jangan sampai mengalami hal seperti itu, jangan sampai terkena KPK," ucap Ma'ruf kepada wartawan, Kamis (6/1/2022).

Menurut Ma'ruf, KPK telah melaksanakan tugasnya selaku penegak hukum. Penangkapan tersebut merupakan amanat dari undang-undang.

Baca Juga : Pasca OTT Wali Kota Bekasi, Ruangan Kepala Dinas Perumahan Disegel KPK

Berkaca pada perkara ini, Ma'ruf kembali mengingatkan kepala daerah untuk bekerja sesuai aturan ysng ada. Dengan demikian mereka bisa tebebas dari perkara rasuah.

"KPK menjalankan tugasnya sesuai fungsi yang diamanatkan UU, oleh karena itu kita minta kepala daerah, gubernur, bupati, wali kota, bekerja sesuai aturan yang ada, ini saya kira udah ada komitmen dari masing-masing pihak. Jadi KPK sebagai penegak hukum dia menjalankan tugasnya," tuturnya.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan terkait OTT di Bekasi. KPK berjanji akan menginformasikan lebih detail kronologi OTT serta pihak-pihak yang diamankan.

Tim penindakan KPK juga mengamankan sejumlah uang dalam operasi senyap tersebut. Sejumlah uang tersebut masih dalam perhitungan. Uang ini diduga berkaitan dengan suap pengurusan proyek pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di lingkungan Pemkot Bekasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini