Share

Soal Boneka Arwah, Kemenag: Mengarah ke Syirik!

Ari Sandita Murti, Sindonews · Kamis 06 Januari 2022 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 337 2528369 soal-boneka-arwah-kemenag-mengarah-ke-syirik-elPX4UXcwB.jpg Boneka arwah (Foto: IG @randikedjora)

JAKARTA - Boneka arwah atau spirit doll tengah digandrungi masyarakat. Di mana, boneka tersebut dirawat layaknya makhluk hidup.

Menurut Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), M. Fuad Nasar, spirit doll dan benda apapun tidak layak dipercayai membawa keberuntungan atau sebaliknya.

Baca Juga:  Seram, Boneka Ini Dipaku dan Diikat di Pohon di Desa yang Ditinggalkan

Hobi mengoleksi boneka sebagai karya seni dan mainan boleh-boleh saja, tapi tidak boleh lebih dari itu. Maka itu, saat mempercayai adanya unsur gaib dalam spirit doll, itu bisa mengarah pada perbuatan syirik.

"Manusia memiliki akal budi dan ilmu pengetahuan tidak seyogyanya terjerumus ke dalam perilaku yang mengarah pada syirik, yakni menyekutukan Allah," ujarnya pada wartawan, Kamis (6/1/2022).

Dia menerangkan, dalam Alquran ditegaskan agar manusia hanya takut dan berharap kepada Allah, bukan kepada sesama ciptaan-Nya, apalagi benda yang dibikin oleh tangan manusia. Di alam semesta hanya ada Allah SWT, alam, dan manusia.

Baca Juga:  Serem! Wanita Ini Koleksi Boneka yang Miliki Penunggu

Dia menambahkan, menyangkut hubungan ketiganya, menurut ajaran Islam, alam tidak bisa memberi pengaruh supranatural terhadap kehidupan manusia. Alam tunduk kepada manusia sebagai khalifah Allah di bumi, sedangkan manusia dan alam tunduk kepada Allah SWT.

"Manusia tidak bisa menciptakan ruh atau nyawa, dan tidak bisa memberi atau memindahkannya kepada benda mati yang dibikin. Ruh atau arwah sepenuhnya urusan Allah dan sains modern tidak bisa menembusnya," katanya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini