Share

Gubernur Khofifah Pastikan Asupan Gizi Pengungsi Erupsi Semeru Tercukupi

Lukman Hakim, Koran SI · Kamis 06 Januari 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 337 2528249 gubernur-khofifah-pastikan-asupan-gizi-pengungsi-erupsi-semeru-tercukupi-oSwUYjqaOH.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di dapur umum pengungsian korban erupsi Semeru (Foto: MPI/Istimewa)

LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau Dapur Umum Lapangan  tempat pengungsian korban erupsi Gunung Semeru di Desa Candipuro, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Kamis (6/1/2022). Orang nomor satu di Jatim itu ingin memastikan kebutuhan asupan gizi bagi pengungsi erupsi layak dan tercukupi. Termasuk menu untuk anak- anak dan lanjut usia (lansia).

Pada kesempatan tersebut, Khofifah melihat secara langsung proses pengolahan bahan makanan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana), TKSK dan relawan. Setelahnya, ia ikut membungkus nasi sambil berbincang dengan para relawan. Khofifah juga menyempatkan untuk ikut mencicipi makanan yang disajikan untuk pengungsi.

Menurut Khofifah, makanan yang dimasak di Dapur Umum Lapangan tersebut sangat layak dan higienis. Ia percaya, dengan bantuan pemerintah dan para relawan, gizi korban awan panas guguran (APG) Gunung Semeru dapat dipenuhi termasuk anak- anak dan lansia.

"Para korban APG Semeru yang saat ini masih ada di pengungsian tidak akan kekurangan gizi," katanya.

Baca Juga : Update Aktivitas Semeru, Awan Panas Meluncur 5 Km dan Beberapa Kali Gempa

Diketahui, Dapur Umum Lapangan di Lumajang dikelola Dinas Sosial (Dinsos) Jatim. Dapur ini dioperasikan oleh anggota Tagana , TKSK dan relawan. Di mana, biasanya akan ada sekitar 20 orang setiap harinya yang bertugas untuk memasak. Selain Tagana Lumajang, Tagana dari seluruh kabupaten/kota di Jatim turut bergantian membantu di dapur ini.

Dalam satu hari, Dapur Umum Lapangan dapat memproduksi 3.000 nasi bungkus untuk 3 kali makan. Biasanya mereka akan mengantarkan langsung ke tempat-tempat pengungsian. Di antaranya di SMP Negeri 1 Candipuro, SMA Negeri 1 Candipura, SD Jarit 1, SMP Negeri 2 Pasirian, Balai Desa Sumber Wuluh, dan Balai Desa Candipuro.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini