Share

Polri Dalami Temuan BP2MI Terkait Dugaan Oknum Polisi Terlibat Pengiriman PMI Ilegal

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 06 Januari 2022 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 337 2528164 polri-dalami-temuan-bp2mi-terkait-dugaan-oknum-polisi-terlibat-pengiriman-pmi-ilegal-kuDbjHirEC.jpg Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo (foto: dok MNC Portal)

JAKARTA - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengungkap adanya dugaan keterlibatan aparat dalam pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal. Selain oknum TNI, disinyalir pula ada personel kepolisian yang diduga terlibat dalam hal tersebut.

Menanggapi dugaan itu, Polri menyatakan mendalami dugaan keterlibatan anggota kepolisian dalam pengiriman pekerja migran Indonesia ilegal ke Malaysia.

"Didalami dulu (informasi dari Kepala BP2MI). Apabila ditemukan akan ditindak tegas sesuai peraturan," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (6/1/2021).

Baca juga:  Polisi Kembali Tangkap 1 Orang Tersangka Jaringan Pengiriman TKI Ilegal ke Malaysia

Dedi hingga saat ini belum dapat berkomentar banyak terkait dengan dugaan keterlibatan polisi dalam kasus tersebut. Menurutnya, belum ada informasi lebih lanjut dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) ataupun Polda terkait dengan perkara yang dimaksud oleh Benny.

Kendati demikian, Dedi menekankan bahwa pihaknya bakal menindak tegas apabila ada anggota polisi yang terbukti terlibat dalam pengiriman PMI ilegal ke Malaysia. Apalagi, proses tersebut belakangan menimbulkan korban jiwa. "Itu komitmen Polri," ujar Dedi.

Baca juga:  Kapal Pengangkut PMI Ilegal Tenggelam, Polisi Usut Dugaan Pelaku Lainnya

Sebelumnya, Kepala BP2MI, Benny Rhamdani menyebut oknum Polri terlibat dalam pengiriman PMI ilegal ke Malaysia.

"Iya anggota TNI AU, anggota TNI AL, dan anggota Polri (diduga terlibat pengiriman PMI ilegal)," ujar Benny di Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Meski demikian, hal ini masih berupa dugaan dari hasil ilvestigasi yang dilakukan BP2MI. Untuk menentukan kepastiannya, Benny menyerahkan itu ke aparat penegak hukum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini