Share

Kortas Belum Rampung, Novel Baswedan Cs Ditempatkan Satgas Pencegahan Korupsi

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 06 Januari 2022 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 337 2528105 kortas-belum-rampung-novel-baswedan-cs-ditempatkan-satgas-pencegahan-korupsi-PFLAf0ufeg.jpg Novel Baswedan (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Polri memastikan bahwa Novel Baswedan Cs ditempatkan di Kors Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Kortas), setelah resmi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polri.

"Jadi wacana Kortas Tipidkor tentu kawan-kawan itu eks KPK akan ditempatkan di sana," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan kepada awak media, Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Baca juga:  Novel Baswedan Menyesuaikan Diri Jadi ASN Polri

Meski begitu, Ramadhan menyebut, Kortas belum rampung pembentukannya. Sehingga, Novel dkk sementara bertugas di Satgas Pencegahan Tindak Pidana Korupsi.

"Sambil menunggu itu nanti akan dibuat Satgas Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. Nanti teman-teman tersebut akan ditempatkan di tempat tersebut. Tapi rencana masih seperti itu. Nunggu lah sprint nya. Jadi satgas itu masih rencana, tapi rencana itu masih seperti itu," ujar Ramadhan.

Baca juga:  Biasa Tangani Korupsi Kakap, Novel Baswedan Kini Tangani Administrasi Polri

Disisi lain, Ramadhan bicara soal keuntungan yang diperoleh Polri karena telah merekrut Novel dan yang lainnya di ranah Pemberantasan praktik korupsi di Indonesia.

"Yang jelas teman-teman eks pegawai KPK itu mempunyai kompetensi yang baik dalam pemberantasan korupsi. Pasti itu menguntungkan Polri untuk dimanfaatkan," ucap Ramadhan.

 

Sebelumnya, mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan menjalani hari pertama pertamanya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polri. Ia mengaku masih membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dalam menjalankan tugasnya di Korps Bhayangkara.

"Karena ini baru pertama ya. Jadi tentunya kami menyesuaikan diri melihat terus mempelajari dengan lebih detail soal apa yang harus dikerjakan dan lain-lain, barangkali belum banyak yang bisa diceritakan," kata Novel di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 3 Januari 2022.

Dalam hari pertama kerja, Novel bersama rekan-rekannya mendapatkan pengarahan dari Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dit Tipikor). Menurutnya, hubungan eks pegawai KPK dengan jajaran Dirtipidkor Bareskrim Polri berjalan baik.

"Tentunya kami melihat ini sebagai hal yang positif dan baik," ujar Novel.

Sementara itu, eks Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo mengatakan banyak jajaran Dit Tipidkor Bareskrim Polri yang telah dikenal saat bekerja di lembaga anti rasuah. Mereka pun menyambut 44 eks pegawai KPK dengan hangat.

"Beberapa hari ini kita akan lebih banyak ke arahah-arahan tapi yang jelas tadi semuanya merupakan orang yang sudah pernah kami kenal ya karena dulunya mereka penyidik-penyidi KPK," ucap Yudi di kesempatan yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini