Share

Jejak Kesaktian dan Pengabdian Pangeran Purbaya kepada Mataram

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 05 Januari 2022 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 337 2527766 jejak-kesaktian-dan-pengabdian-pangeran-purbaya-kepada-mataram-bSNkGjMd2D.jpg Foto:Ist

JAKARTA - Kerajaan Mataram memiliki seorang pangeran yang dikenal atas kebaikan hatinya, kesetiaannya terhadap kerajaan, dan tentunya kemampuannya dalam bertempur.

Sosok ini adalah Pangeran Purbaya. Dirinya merupakan salah seorang sosok yang memimpin Kerajaan Mataram kala bertempur melawan Belanda di tahun 1628-1629.

 (Baca juga: Kehancuran Kerajaan Mataram Kuno Akibat Letusan Gunung Merapi)

Dilansir dari beragam sumber, Rabu (6/1/2022) sosok Pangeran Purbaya sendiri sebenarnya masih simpang siur. Menurut seorang Belanda bernama Van Goens, Pangeran Purbaya adalah seorang kakek tua yang merupakan kakak dari Sunan Agung.

Lain dengan Van Goens, dalam Babad Tanah Jawi menuturkan kalau sebenarnya Pangeran Purbaya adalah ayah dari Sunan Agung.

Terlepas dari pernyataan-pernyataan tersebut, tidak bisa dipungkiri kalau faktanya Pangeran Purbaya merupakan sosok yang sudah seharusnya menduduki tahta Kerajaan Mataram di masa itu.

"Menurut Serat Kandha, Pengeran Purbaya disebut sebagai seorang yang pertama-tama duduk di tahta Kerajaan Mataram," tulis H.J. De Graaf dalam bukunya, Disintegrasi Mataram di Bawah Mangkurat I, terbit pada 1987.

Bernama asli Jaka Umbara, anak dari Panembahan Senopati, Pangeran Purbaya amat dipercaya oleh rakyatnya. Diketahui, Kerajaan Mataram mengalami kemajuan pesat di bawah kepemimpinannya.

"Pemerintahan yang adil dan mantapnya tindakan-tindakan yang diambil oleh pemerintah," jelas De Graaf.

Ada lagi cerita Pangeran Purbaya yang dengan sigap melindungi rakyatnya dari ancaman Jin Sepanjang. Hal ini dituturkan dalam buku Pangeran Purbaya dan Raksasa Jin Sepanjang keluaran Kemedikbud tahun 2016.

Kala itu, ia bersama prajuritnya, mengepung seorang bernama Sonta, yang dia yakini sebagai jelmaan Jin Sepanjang. Pangeran Purbaya lantas menunjukan kesaktiannya melawan Sonta.

Dirinya memiliki jurus panglimun raga yang bisa membuatnya menghilang dan sukar dilihat. Dengan ini, dirinya mampu melawan Jin Sepanjang dan membuatnya kewalahan.

Pangeran Purbaya dikenal sebagai putra mahkota hingga pemimpin Mataram yang setia. Hingga kabar kematiannya tersiar pada 13 Oktober 1676, sebagai seorang yang telah mengabdi kepada tiga generasi Mataram.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini