Share

Temuan Benda Mirip Tank di Natuna, KSAL: Itu Tongkang

Riezky Maulana, iNews · Rabu 05 Januari 2022 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 337 2527756 temuan-benda-mirip-tank-di-natuna-ksal-itu-tongkang-hXUDA7Bip8.jpg Benda mirip tank di perairan Natuna (Foto: istimewa)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono buka suara ihwal temuan benda yang menyerupai tank di Perairan Natuna, Kepulauan Riau beberapa waktu lalu. Menurut Yudo, sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman.

Dia menuturkan, berdasarkan hasil investigasi sementara, tidak ditemukan tanda-tanda benda tersebut membahayakan.

"Sudah kita datangkan Pushidrosal sama Dislitbangal ke sana. Sampai saat ini belum menandakan itu ada alat deteksi dan sebagainya," ujar Yudo ditemui di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/1/2022).

Yudo menuturkan, benda yang ditemukan itu berjenis Tongkang yang hanya menyerupai kendaraan tempur saja. Tongkang merupakan kapal dengan lambung datar atau suatu kotak besar yang mengapung, digunakan untuk mengangkut barang.

"Jadi seperti tongkang gitu. Bentuknya itu ya seperti tank," ujarnya.

Baca juga: Heboh Nelayan Temukan Benda Mirip Tank Mengapung di Perairan Bintan

Dia berujar, dalam investigasi lanjutan, Pushidrosal dan Dislitbangal akan mendatangkan pakar guna mendalami lebih lanjut itu sebenarnya benda apa. Pendalaman, nantinya juga akan membuktikan apakah ada keterlibatan dari negara lain atau tidak.

"Nanti kita panggil pakar untuk melihat ini dari negara mana dan sebagainya. Sudah kita cek bawah air dan atas airnya ada monitornya atau tidak, mungkin semacam sonar itu enggak ada," katanya.

Baca juga: Ini Penampakan Benda Mirip Tank di Perairan Natuna

Sebelumnya, TNI AL menemukan benda menyerupai kendaraan tempur tank di Perairan Natuna, Kepulauan Riau. Benda tersebut berhasil ditemukan oleh personel Lantamal IV Tanjung Pinang.

"Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menemukan benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, Kepulauan Riau," tulis Dispenal di akun Instagram, Selasa (28/12/2021).

Dispenal menuturkan, terkini benda itu telah dibawa ke Posmat Kijang dengan cara ditarik menggunakan kapal kayu milik nelayan. Dilihat dari foto yang diunggah, benda berwarna oranye itu mengapung di tengah perairan.

"Sampai dengan saat ini masih dilaksanakan investigasi dari TNI AL dalam hal ini tim Pushidrosal, Dissenlekal dan Dislitbangal," tuturnya.

Baca juga: Viral Benda Mirip Tank di Perairan Natuna, Ini Respons TNI AL

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini