Share

5 Sayembara Paling Fenomenal di Indonesia, Nomor 1 Cari Istri Hilang Berhadiah Rp150 Juta

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 05 Januari 2022 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 337 2527526 5-sayembara-unik-di-indonesia-nomor-2-menantang-maut-T6qargdAOE.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Penduduk Indonesia tidak pernah lepas dari sayembara-sayembara uniknya. Ada saja tingkah masyarakat untuk membuat sayembara dengan tujuan menarik perhatian banyak orang.

Sayembara ini bisa berupa berbagai macam hal. Mulai dari yang masuk akal hingga tidak masuk akal, atau mulai dari yang normal hingga konyol.

Melansir dari berbagai sumber, berikut merupakan 5 sayembara unik yang pernah terjadi di Indonesia.

1. Mencari Nomor HP Bupati Blora

Peristiwa tidak mengenakan pernah terjadi kepada warga Kabupaten Blora, Jawa Tengah, di mana Bupati mereka, Djoko Nugroho, dinilai kurang cekatan dan kurang tanggap dalam menampung aspirasi masyarakat.

Oleh karena itu, akun Facebook Blora Updates mengadakan sayembara untuk mencari nomor HP Bupati Blora dengan imbalan pulsa sebesar Rp50 ribu.

"Sudah hampir dua periode tapi kami belum punya nomor Bupati Blora, jadi jika mau menyampaikan aspirasi agak sulit. Bagi satu orang tercepat yang bisa memberikan nomor WhatsApp Bapak Djoko Nugroho yang berfungsi untuk open pelayanan publik, akan kami kirimkan pulsa Rp 50 ribu," tulis mereka dalam captionnya.

2. Membuka Kalung Ban di Leher Buaya

 

Sebuah ban sempat tersangkut di leher seekor buaya di Sungai Palu. Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah mengadakan sayembara bagi warga yang bisa melepas ban tersebut dari leher buaya ini.

"Jika ada masyarakat yang berhasil melepas ban bekas di leher buaya itu, kami akan berikan imbalan," kata Kepala BKSDA Sulawesi Tengah Hasmuni Hasma di Palu, Februari 2020 silam.

Namun, karena kurangnya peminat, sayembara ini ditiadakan dan akhirnya BKSDA menyiapkan tim khusus untuk menyelamatkan buaya tersebut.

3. Sayembara Cari Istri, Dibayar 150 Juta

 

Februari 2021 silam, pengusaha sawit asal Pekanbaru, Khairuddin Siregar (51) kehilangan istrinya, Ervina Lubis (40) di sebuah mall. Karena tidak kunjung pulang, Khairudin memutuskan untuk mengadakan sayembara.

Sayembara ini berisikan bagi siapa saja yang bisa menemukan sang istri, dengan ciri-ciri berat badan 54 kilogram dan ada tahi lalat di dagu, maka dia akan membayarkan uang Rp. 150 juta sebagai imbalan.

Ervina akhirnya ditemukan di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Khairudin dikabarkan sudah membayarkan uang tersebut kepada orang yang menemukan istrinya.

4. Buru Hama Tikus, Total Hadiah Rp6 Juta

 

Hama tikus sempat merajarela di Desa Baderan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Oleh karena itu, petani setempat mengadakan sayembara untuk memburu hama yang merusak padi persawahan ini.

Tidak tanggung-tanggung, desa tersebut mengalokasikan dana sebesar Rp6 juta untuk perburuan ini. Satu tikus dihargai senilai Rp2 ribu.

Sekretaris Kelompok Tani Desa Baderan, Bisri menilai, cara efektif untuk memberi semangat kepada warga untuk memburu tikus di sawah milik petani.

5. Buat Nama Anak, Hadiahnya iPhone 12

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Akil sempat membuat sayembara bagi mereka yang bisa memberikan nama terbaik bagi anaknya, maka mereka bisa mendapat iPhone 12.

Diketahui, istrinya bernama Maulan melahirkan bayi laki-laki dengan berat 3,3 kilogram. Sayembara ini sendiri diusulkan oleh sang istri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini