Share

Wapres Maruf : Kita Harus Mendengarkan Keinginan Rakyat Papua

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 04 Januari 2022 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 337 2527478 wapres-maruf-kita-harus-mendengarkan-keinginan-rakyat-papua-qK4Q4f1VHE.jpg Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin (foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengatakan, salah satu upaya pemerintah dalam percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua yaitu melalui komunikasi dengan berbagai tokoh masyarakat. Selain itu peran media juga amat dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan positif ini.

“Kita terus melakukan komunikasi dengan mereka. Apa yang mereka sebenarnya butuhkan. Ini yang sedang kita terus lakukan,” ujar Kiai Ma'ruf di Podcast Deddy Corbuzier, Selasa (4/1/2022).

Baca juga:   Jalin Komunikasi, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Sambangi Tokoh Masyarakat di Perbatasan Papua

Kiai Ma'ruf menuturkan hal tersebut dilakukan agar rencana percepatan pembangunan kesejahteraan dapat sesuai tujuan dan tepat sasaran sehingga perlu memperhatikan kebutuhan masyarakat Papua. “Kita juga harus mendengarkan keinginan masyarakat Papua seperti apa,” tuturnya.

Saat ditanya tentang apa yang dibutuhkan masyarakat Papua, Wapres menjelaskan bahwa sebenarnya mereka ingin pendidikan, pelayanan kesehatan, kemudian juga infrastruktur yang sampai ke daerah mereka, ke tempat mereka tinggal.

“Dan terus kita lakukan itu. Kemudian juga membangun balai-balai latihan, kemudian bagaimana pemberdayaan masyarakat di Papua, penanganan kemiskinan terutama yang ekstrem. Itu terus kita lakukan. Bersama dengan pemerintah daerah dan tokoh-tokoh non-pemerintahan,” jelas Wapres.

Baca juga:  Pemprov Papua Terbitkan Surat Edaran PPKM Jelang Natal dan Tahun Baru 2022, Begini Isinya

Dalam percakapan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam, Wapres turut menyampaikan rencana pemerintah seperti pengentasan kemiskinan ekstrem, reformasi birokrasi, hingga memajukan prestasi olahraga anak bangsa melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Kita sedang membuat namanya DBON, Desain Besar Olahraga Nasional. Diperuntukkan bagi mereka yang dari kecil sudah didesain untuk menjadi ahli olahraga di bidangnya masing-masing,” jelas Wapres.

Dengan adanya DBON diharapkan dapat membangun talenta atlet sehingga mampu berhasil karena kemampuan yang telah dipersiapkan sejak usia dini.

“Nanti kalau misalnya menang atau berhasil, bukan karena accident, tapi karena memang didesain untuk menjadi pemenang dengan talenta yang betul-betul dibangun,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini