Share

Presiden Jokowi Harap RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Segera Disahkan

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 04 Januari 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 337 2527330 presiden-jokowi-harap-ruu-tindak-pidana-kekerasan-seksual-segera-disahkan-awl9GbIP3e.jpg Presiden Jokowi (Foto : Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Rancangan Undang-undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) segera disahkan. Kepala Negara telah memerintahkan menteri terkait untuk berkoordinasi dengan DPR RI.

"Saya berharap RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual segera disahkan sehingga memberikan perlindungan maksimal bagi korban kekerasan seksual di Tanah Air," ucap Jokowi saat jumpa pers secara virtual, Selasa (4/1/2022)

Baca juga: Omicron di Indonesia Melonjak, Jokowi: Hampir Seluruhnya Kasus Impor

Jokowi mengaku mencermati dengan seksama dinamika yang berkembang terkait RUU TPKS, di mana proses pembentukannya dimulai pada 2016 dan hingga kini masih berlangsung di Senayan.

"Karena itu saya memerintahkan Menkumham serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak segera melakukan koordinasi dan konsultasi dengan DPR dalam pembahasan RUU TPKS, agar ada langkah-langkah percepatan," jelasnya.

Sebagai informasi, rapat pleno Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyetujui RUU TPKS menjadi usul inisiatif DPR RI.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Pleno Baleg setelah mendengarkan pendapat sembilan fraksi. Dari sembilan fraksi yang telah menyampaikan pendapatnya, ada tujuh fraksi yang menyatakan setuju, satu fraksi meminta menunda, dan satu fraksi menolak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini