Share

Isu Polri di Bawah Kementerian, Ini Kata Kompolnas

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 03 Januari 2022 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 337 2526954 isu-polri-di-bawah-kementerian-ini-kata-kompolnas-7Av7jVB1o6.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti mengatakan, keberadaan Polri di bawah Presiden merupakan mandat reformasi.

"Jadi Polri di bawah Presiden itu sudah merupakan mandat reformasi. Tidak tepat jika ada ide-ide yang menyimpang dari reformasi," kata Poengky kepada awak media, Jakarta, Senin (3/1/2022).

Baca juga:  Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Jadi Direktorat, Kompolnas Harap Polri Tingkatkan Pelayanan Hukum

UU Polri, kata Poengky, merupakan wujud reformasi Polri. Berdasarkan reformasi tersebut telah menempatkan Polri di bawah Presiden.

"Selain itu ada Kompolnas yang ditugaskan untuk menetapkan arah kebijakan Polri," ujar Poengky.

Baca juga:  Polri Dinilai Sudah Tepat di Bawah Presiden

Disisi lain, Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut, untuk saat ini, pihak Korps Bhayangkara masih akan terus menjalankan tugas yang selama ini telah diatur dalam Undang-Undang (UU).

"Polri dalam hal ini masih pada koridor amanah UU sebagaimana amanah UU dasar UU Nomor 2 tahun 2002 ini tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia," kata Trunoyudo dalam jumpa pers di kantornya.

Sebelummya, Gubernur Lemhanas Agus Widjojo dalam pernyataan akhir tahun 2021 mengusulkan agar Kementrian Keamanan Dalam Negeri dan Dewan Keamanan Nasional dibentuk. Nantinya, kata Agus Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berada di bawah kementerian tersebut.

"Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban perlu ada penegakan hukum, itu Polri. Seyogianya diletakkan di bawah salah satu kementerian, dan Polri seperti TNI, sebuah lembaga operasional. Operasional harus dirumuskan di tingkat menteri oleh lembaga bersifat politis, dari situ perumusan kebijakan dibuat, pertahanan oleh TNI, dan keamanan ketertiban oleh Polri," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini