Share

Jadi Tempat Eksekusi Freddy Budiman, Ini 5 Fakta dan Kisah Misteri Lapas Nusakambangan

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Selasa 04 Januari 2022 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 337 2526938 jadi-tempat-eksekusi-freddy-budiman-ini-5-fakta-dan-kisah-misteri-lapas-nusakambangan-QkgvyKQDuj.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal betul tentang Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Nusakambangan. Ya, Lapas yang terletak di pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah ini menjadi salah satu penjara paling mengerikan di Indonesia.

Lapas Nusakambangan tempat eksekusi gembong narkoba Freddy Budiman oleh regu tembak Brimob di Lapangan Tunggal Panaluan, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada 29 Juli 2016 silam.

Lapas paling mengerikan di Indonesia ini bahkan sudah terkenal hingga keluar negeri dan sering kali disebut sebagai Alcatraz-nya Indonesia.

Penjara ini juga mendapat julukan “Pulau Kematian” karena sangat berperan sebagai pusat eksekusi narapidana kelas kakap.

Selain itu, pulau ini dicap mengerikan oleh sebagian orang lantaran terdapat banyak hewan buas dan lingkungan yang ekstrem.

Namun, tahukah kamu, berikut adalah beberapa misteri mengerikan dibalik Lapas Nusakambangan.

1. Penjara Super Ketat

Dibangun sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda, pulau Nusakambangan memiliki tujuh penjara besar. Tiga di antaranya yaitu Batu, Karanganyar, dan Pasir putih, adalah penjara yang dijaga super ketat oleh aparat.

Lapas Nusakambangan mempunyai penjagaan yang dibuat super ketat mengingat para penghuninya adalah penjahat kelas kakap seperti bandar narkoba, pembunuh berencana, hingga teroris.

Dihuni khusus oleh narapidana kelas kakap. Maka tak heran penjagaan hingga beberapa selnya dilengkapi dengan keamanan super maksimal. Ada pula yang dijaga oleh pasukan bersenjata lengkap, hingga terdapat sel isolasi khusus untuk napi berisiko tinggi.

Selain itu, diketahui setiap dinding penjara ini dikelilingi kawat berduri dan dipantau dengan menara pengawas.

Setiap harinya, patroli dilakukan tanpa henti selama 24 jam. Penjaga yang senantiasa dilengkapi dengan senjata api menambah kesan berbahaya dari penjara ini.

2. Bukit Nirbaya

Salah satu alasan mengapa Lapas Nusakambangan sangat mengerikan yakni adanya sebuah bukit bernama Nirbaya.

Bukit Nirbaya yang berada di pulau Nusakambangan itu kerap kali dijadikan tempat eksekusi mati untuk para tahanan dengan vonis hukuman mati.

Dari banyaknya spot eksekusi mati di pulau ini, Bukit Nirbaya adalah tempat yang paling banyak menyaksikan matinya para narapidana.

Salah satunya Freddy Budiman yang dieksekusi mati oleh regu tembak Brimob di Lapangan Tunggal Panaluan, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada 29 Juli 2016 silam

Lapas ini menjadi mimpi terburuk bagi para narapidana apalagi saat mendengar nama Bukit Nirbaya.

Narapidana yang menginjakkan kaki di bukit ini tidak akan pernah kembali dengan selamat.

Karena banyaknya nyawa yang melayang di tempat ini, para warga sekitar sering mendengar suara misterius yang diasumsikan datang dari para arwah yang tidak tenang.

Selain itu, bukit tak berpenghuni ini juga gelap gulita dan ditutup oleh flora dan fauna liar yang menambah kesan angker.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

3. Jalan Tunggal Panaluan

Selain Bukit Nirbaya, jalan Panaluan ini juga sering dijadikan tempat eksekusi tembak narapidana yang dihukum mati. Ngerinya tempat ini juga datang dari jalan yang berkelok tajam dan minim penerangan.

Konon, karena banyaknya nyawa yang hilang di tempat ini, jalan Panaluan menjadi salah satu spot rawan kecelakaan. Selain karena alam yang tak bersahabat, kecelakaan juga sering terjadi dikarenakan gangguan makhluk astral yang berada di jalan tunggal ini.

4. Pohon Kamboja Pertigaan

Tiga kilometer dari pos polisi, ada sebuah pertigaan yang memiliki sebuah pohon kamboja. Pohon ini dipercaya angker karena selalu gundul dan tak berdaun, bahkan berbunga.

Gundulnya pohon ini dipercaya karena banyaknya makhluk astral yang menduduki dan meninggali pohon ini sehingga daerah sekitar pohon ini selalu gersang dan menyeramkan.

5. Hantu Mbah Sukur

Selain tempat yang angker, penampakan satu sosok kakek-kakek juga sering terlihat di pulau ini. Mbah Sukur adalah sosok hantu tanpa kepala yang sering berjalan tak tentu arah mengitari penjara Nusakambangan.

Mitosnya, Mbah Sukur dulunya adalah seorang narapidana yang dieksekusi tembak kemudian dipenggal. Mbah Sukur sering muncul di tanggal eksekusinya untuk memperingati hati kematiannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini