Share

Peristiwa 2 Januari: Pasukan Rusia Menyerah Terhadap Jepang

Tim Okezone, Okezone · Minggu 02 Januari 2022 03:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 02 337 2526120 peristiwa-2-januari-pasukan-rusia-menyerah-terhadap-jepang-XTMGJA7TsJ.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Sederet peristiwa penting terjadi pada 2 Januari. Salah satunya menyerahnya pasukan Rusia terhadap pasukan Kekaisaran Jepang dalam memperebutkan kota Port Arthur.

Sejumlah peristiwa penting yang pernah terjadi pada 2 Januari seperti dikutip dari wikipedia.org :

1. Menyerahnya Pasukan Rusia Terhadap Jepang

Pada 2 Januari 1905, pasukan Kekaisaran Rusia resmi menyerah terhadap pasukan Kekaisaran Jepang di Port Arthur, Tiongkok setelah melakukan pengepungan sekira lima bulan.

Perperangan terjadi karena perebutan kota Port Arthur, Jazirah Liaodong dan jalur rel dari pelabuhan tersebut ke Harbin. Sehingga Rusia harus menyerahkan wilayah Port Arthur kepada Jepang sekaligus menjadi tanda kekalahan.

Baca juga: Benny Moerdani, Kudeta dan Pencopotannya sebagai Panglima ABRI

2. Meninggalnya Syekh Nimr Nimr

Baqir an-Nimr atau disebut Syekh Nimr meninggal pada 2 Januari 2016 diusia 56 tahun. Beliau merupakan ulama syiah di al-Amawiyah, Syarqiah, Arab Saudi.

Wafatnya Syekh Nimr akibat ditangkap dan dieksekusi pemerintah Arab Saudia sehingga munculnya ketegangan diplomatik antara Syiah dan pemerintah.

Baca juga: Kekuatan Mengerikan Pasukan Elite Kerajaan Pajajaran di Masa Prabu Siliwangi

3. Meninggalnya Siad Barre

Mohamed Siad Barre meninggal pada 2 Januari 1995 di Lagos akibat serangan Jantung dan dimakamkan di Somalia.

Beliau merupakan Kepala Negara Somalia periode 1969 - 1991 yang berhaluan sosialis dan bertugas sebagai komandan tentara dalam pemerintahan demokratik Somalia.

Baca juga: Perkenalkan Khong A Djong, Murid Wong Fei Hung Asal Semarang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini