Share

4 Bencana Puting Beliung Paling Parah, Pohon Tumbang hingga Rumah Rusak

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 02 Januari 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 337 2525980 4-bencana-puting-beliung-paling-parah-pohon-tumbang-hingga-rumah-rusak-Mqotj6QXfH.jpg Ilustrasi angin puting beliung (Foto: Okezone)

JAKARTA - Cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini membuat banyak daerah rawan terkena bencana seperti angin puting beliung. Di tahun 2021 saja, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 171 bencana puting beliung dari Januari hingga awal Maret 2021. Untuk itu, pemerintah telah mengimbau masyarakat agar selalu waspada akan kemungkinan cuaca buruk dan bencana yang mungkin terjadi. Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa bencana puting beliung yang pernah terjadi.

1. Sidoarjo, Jawa Timur

Sebanyak 25 rumah rusak parah akibat bencana angin puting beliung yang melanda Desa Geluran, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur pada Sabtu (27/11/2021). Bencana ini merupakan yang pertama terjadi di kawasan tersebut. Melansir Okezone, seorang warga setempat mengatakan bahwa bencana yang terjadi ini mengagetkan banyak pihak.

Baca juga: Angin Puting Beliung Hantam Permukiman, 8 Rumah dan Masjid Rusak   

2. Makassar, Sulawesi Selatan

Angin puting peliung melanda Kota Makassar pada Kamis siang (23/12/2021). Peristiwa ini diawali dengan hujan dan disertai angin kencang. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, 77 rumah di lokasi kejadian mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung. Selain itu, ada dua kecamatan menderita kerusakan yang cukup parah akibat dari bencana ini, yaitu Kecamatan Bontoala dan Ujung Tanah.

Baca juga: Angin Puting Beliung Terjang Madiun, 515 Rumah dan Kantor Polsek Rusak

3. Tegal, Jawa Tengah

Bencana angin puting beliung terjadi pada Jumat (22/10/2021) di Desa Cerih dan Sumbarang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal. Melansir iNews, seorang warga berinisial K mengatakan bahwa angin berputar selama lima menit dan menerjang permukiman saat hujan deras, membuat banyak atap rumah warga beterbangan. Puluhan rumah dikabarkan mengalami kerusakan, serta adanya pemadaman listrik dikarenakan bencana yang terjadi.

4. Depok, Jawa Barat

Bencana angin puting beliung yang melanda Kota Depok, Jawa Barat pada Selasa (21/9/2021) disebut-sebut merupakan yang terparah pada tahun ini. Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) dan pemerintah setempat mengatakan bahwa beberapa kawasan yang terkena dampak berat dari bencana ini adalah wilayah Pancoran Mas, Sukmajaya, dan Cipayung. Hujan lebat dan angin kencang menerbangkan atap rumah di 10 kelurahan di 6 kecamatan di kota ini. Selain itu, ada banyak pohon dan papan reklame yang tumbang di 27 titik bencana. Menurut data yang dihimpun oleh Dinas Sosial Kota Depok, sedikitnya ada 613 jiwa dari 193 keluarga yang merasakan dampak dari bencana ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini