Share

4 Pembunuhan dengan Mayat Korban Dibuang, Ada yang di Dalam Karung

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 01 Januari 2022 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 337 2525616 4-pembunuhan-dengan-mayat-korban-dibuang-ada-yang-di-dalam-karung-NXCArAmMYe.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

AKSI pembunuhan kian marak terjadi. Tak tanggung-tanggung, pelaku tega membuang jasad korban untuk menghilangkan jejak.

Melansir dari berbagai sumber, berikut kasus pembunuhan dengan mayat korban dibuang begitu saja:

1. Yogyakarta

Sesosok jenazah wanita berinisial IRK (20) ditemukan di lahan kosong, Jalan Kaliurang, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Rabu (17/11/2021). IRK merupakan korban pembunuhan yang dilakukan WFMB. Pembunuhan diduga terjadi karena adanya tindakan perampasan hingga pemerkosaan.

WFMB (16) berhasil diringkus di asrama salah satu SMK bilangan Ngemplak, Sleman. Identitas WFMB diketahui melalui rekaman CCTV dan kesaksian sejumlah warga di sekitar lokasi penemuan mayat. Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa obeng, palu besi, dan pakaian yang digunakan saat membunuh IRK.

Akibat perbuatannya WFMB diancam hukuman dengan Pasal 340 KUHP, Pasal 351 ayat (3) KUHP, sub Pasal 338 KUHP dan atau Pasal 365 Ayat (3) KUHP.

2. Sumatera Utara

Seorang pria korban pembunuhan ditemukan di tepi Jalan Medan-Kualanamu, pada Sabtu (26/6/2021) Korban berinisial KZ, seorang penjaga toko elektronik di Jalan Tembung, Pasar X, Desa Bandara Khalifah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Aksi kriminal ini dilakukan oleh 2 orang pelaku, WS dan TW.

Korban ditemukan tewas usai dilempar dari dalam mobil Avanza warna putih di Jalan Sultan Serdang, Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, pukul 13.05 WIB.

Kronologinya, kedua pelaku datang ke toko berpura-pura membeli barang elektronik. Lalu korban menelepon pemilik toko perihal dua pelaku yang tidak membawa uang dan akan membayarnya nanti.

Pemilik toko saat itu memberikan izin agar korban ikut ke dalam mobil pelaku untuk mengambil uang di rumah pelaku. Saat di perjalanan korban justru dianiaya hingga tak berdaya. Korban kemudian langsung dibuang dipinggir jalan. Kedua pelaku ditangkap personel gabungan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara dan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Deliserdang.

3. Aceh Timur

Telah ditemukan mayat dalam karung di sungai Desa Jiengki, Aceh Timur, pada Juli 2021. Motif pembunuhan diduga karena pelaku kerap dimarahi dan dipukul korban selama bekerja. Pelaku ZW (25) merupakan anak buah korban R, yang bekerja sebagai pengepul barang bekas.

Dalam melancarkan aksinya, ZW mengajak temannya berinisial DN, warga Aceh Tamiang, untuk memasukkan jasad R ke dalam karung goni. Selanjutnya karung dibuang di sungai Desa Jiengki. Pelaku sempat melarikan diri namun berhasil diringkus petugas kepolisian, Minggu 25 Juli 2021.

Tersangka dijerat Pasal 340 Jo, Pasal 338 subsidair, Pasal 365 ayat 3 tentang menghilangkan nyawa orang lain dengan berencana dan atau pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan kematian. Pelaku diancam pidana hukuman mati atau 20 tahun penjara.

4. Jawa Tengah

Seseorang berinisial AM (21) ditemukan tak bernyawa di selokan, Jalan Raya Balok, Kendal, Jawa Tengah, Sabtu 4 Desember 2021. AM diduga korban dari aksi pembunuhan. Pelaku UM membunuh korban lantaran masalah asmara.

Berdasarkan hasil otopsi jenazah di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang, korban meninggal karena cekikan, persentuhan korban dengan air (ditenggelamkan), dan luka di bagian tempurung kepala.

UM berhasil dibekuk Kepolisian Resor Kendal pada Senin dini hari (6/12/2021). Dari tangan UM, polisi mengamankan sepeda motor bernomor polisi H 5272 AND, telepon genggam, dan dompet korban.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini