Share

4 Fenomena Langit di 2021, Ada Super Blood Moon

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 01 Januari 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 337 2525603 4-fenomena-langit-di-2021-ada-super-blood-moon-eHSMUOwzHM.jpg Super blood moon (Foto : Nasa)

TAHUN ini langit menyuguhkan fenomena yang menyita perhatian. Mulai dari Supermoon, Super Blood Moon, Gerhana Matahari Cincin, hingga Gerhana Matahari Total.

Berikut fenomena langit pada 2021 yang menyita perhatian.

1. Supermoon

Fenomena Supermoon terjadi pada 26-27 April 2021. Menurut NASA, puncak supermoon berlangsung pada 27 April 2021 pukul 03:31 UTC atau pukul 10.31 WIB. Supermoon terjadi ketika bulan berada di jarak paling dekat dengan bumi. Hal ini membuat bulan terlebih lebih besar dan lebih terang dari biasanya. LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) menyebutkan bahwa bulan purnama di April itu disebut Pink Moon. Bulan akan tampak penuh selama sekitar tiga hari, mulai dari 27-29 April 2021.

2. Super Blood Moon

Gerhana bulan total terjadi pada 26 Mei 2021. Disebut sebagai Super Blood Moon karena ukuran bulan ketika mengalami gerhana terlihat lebih besar dan berwarna kemerahan. Gerhana bulan merupakan peristiwa astronomi yang disebabkan terhalanginya sinar matahari oleh bumi.

Ini menyebabkan cahaya tidak semuanya sampai ke bulan jika dilihat dari bumi. Peristiwa gerhana bulan total dapat terjadi saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar. Super Blood Moon ini bisa disaksikan di Amerika Utara dan Selatan, Australia, Asia Timur, negara kepulauan di Samudera Pasifik, serta Indonesia.

Baca Juga : Ada Petir dan Langit Warna Merah di Gunung Arjuno Welirang, BMKG Bilang Itu Biasa

3. Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin terjadi pada 10 Juni 2021. Menurut keterangan LAPAN, fenomena Gerhana Matahari Cincin ini tidak dapat disaksikan di Indonesia. Gerhana Matahari Cincin hanya dapat disaksikan di Kanada, Greenland, dan Rusia. Fenomena ini terjadi ketika bulan, matahari, bumi berada di dalam posisi sejajar. Namun, ukuran bulan terlalu kecil untuk menutupi matahari sehingga muncul cincin di sekitar bayangan bulan.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

4. Gerhana Matahari Total

Fenomena Gerhana Matahari Total terjadi pada 4 Desember 2021. Gerhana Matahari Total hanya dapat disaksikan di wilayah belahan bumi selatan, seperti Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Saint Helena, Georgia Selatan. Lalu juga di Kepulauan Crozet, Kepulauan Sandwich, Kepulauan Falkland, Cile, Selandia Baru, Australia.

Ketika terjadi Gerhana Matahari Total, bulan bergerak di antara matahari dan bumi, sehingga menimbulkan bayangan di bumi dan sebagian menghalangi cahaya matahari di beberapa wilayah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini