Share

Kisah di Balik Soeharto Copot LB Moerdani sebagai Panglima ABRI Sebelum Sidang Umum MPR

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Jum'at 31 Desember 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 337 2525088 kisah-di-balik-soeharto-capot-lb-moerdani-sebagai-panglima-abri-sebelum-sidang-umum-mpr-N8J8otEjm8.jpg LB Moerdani (Foto: istimewa)

JAKARTA - Sebuah peristiwa tidak lazim karena biasanya seorang Panglima ABRI baru diganti setelah pelaksanaan Sidang Umum MPR dan pengumuman susunan kabinet baru oleh Presiden terpilih. Namun, tidak dengan nasib Panglima ABRI Jenderal TNI LB Moerdani.

LB Moerdani diganti Pak Harto sebelum pelaksanaan SU MPR pada 1988 silam.

Pencopotan Benny Moerdani memiliki latar kisah menarik setelahnya. Muncul rumor tentang tersingkirnya Benny dari lingkaran Cendana, yang menguat tujuh bulan kemudian.

Pasalnya, saat itu Presiden Soeharto membubarkan Komando Operasi Pemulihan Ke amanan dan Ketertiban (Kopkamtib), yang juga dipimpin Benny. Sebagai gantinya, Soeharto membentuk Badan Koordinasi Bantuan Pemantapan Stabilitas Nasional (Bakorstanas).

Baca juga: Ketika LB Moerdani Disindir Ulama Sulitnya Khotbah: Paling Tidak Harus Punya Surat Izin Mubalig!

Soeharto memang memberi Benny jabatan sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan dalam Kabinet Pembangunan V. Tapi nama besar Benny di belakang kekuatan militer dan intelijen Orde Baru semakin tergerus.

Baca juga: Kerusuhan Tanjung Priok, LB Moerdani: Kamu Jangan Sombong karena Tembak Saudara Sendiri

Urusan menteri tak jauh-jauh dari kegiatan seremonial, yang menurut mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan Poniman dalam pidato serah-terima jabatan kepada Benny. "Bertanggung jawab masalah politis administratif."

Sejak saat itu, pemikiran dan pernyataan Benny Moerdani berubah. Benny yang sebelumnya dikenal sebagai sosok angker kini menjadi Benny yang negarawan. (fkh)

Baca juga: Interogasi Prajurit Terlibat Kerusuhan Tanjung Priok, LB Moerdani: Kamu Tembak Saudara Sendiri!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini