Share

Mitos Akar Mimang Buat Orang Tersesat hingga Mampu Tangkal Pencuri

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 30 Desember 2021 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 337 2525037 mitos-akar-mimang-buat-orang-tersesat-hingga-mampu-tangkal-pencuri-q69urPchrz.jpg Illustrasi (foto: freepick)

AKAR MINANG kerap kali dihubungkan dengan benda magis bagi sebagian masyarakat Jawa. Konon akar mimang berasal dari akar pohon dewandaru, sebuah pohon yang dianggap sakral dan keramat oleh masyarakat Jawa.

Akar mimang digunakan sebagai media perumpamaan karena efek yang sama antara seseorang yang melangkahi akar mimang dan seseorang yang tersesat. Dikutip dari sebuah tulisan di forum kaskus, akar mimang disebut bisa membuat orang linglung atau kebingungan, sehingga menyebabkan tersesat saat berada berada di sekitarnya.

Baca juga:  Legenda Ebu Gogo, Makhluk Kanibal Misterius Penghuni Pedalaman Flores

Biasanya akar mimang ini berwarna kuning kecoklatan, dimana bentuk akarnya berbeda dengan alat pada umumnya. Akar mimang lebih menghujam ke tanah, akar ini justru melingkar dan membentuk simpul.

Pada umumnya akar mimang ini berbeda dengan tanaman lainnya, dari asal usul dan permulaannya. Tetapi akar mimang memang sampai saat ini belum diketahui dari mana asalnya, tempat mencarinya, dan dari mana kekuatan magis yang dimiliki tersebut muncul.

Baca juga:  Batu Ini Konon Jelmaan Rubah, Membunuh Siapapun yang Nekat Menyentuhnya

Berdasarkan mitos ada yang mengatakan bahwa akar ini berasal dari pohon Dewandaru. Namun, ada pula yang beranggapan bahwa akar ini tumbuh dari akar beringin yang menggantung.

Pada mitos lain, jika terdapat sebuah tempat yang sering membuat orang tersesat maka bisa jadi di tempat tersebut terdapat akar mimang.

Menurut kepercayaan masyarakat jawa, akar mimang akan memberikan efek kebingungan (hilang akal), linglung (lupa segala-galanya), tidak tau mau apa, dan kemana tujuan bagi siapapun yang melangkahi akar mimang tersebut.

Akibatnya, seseorang tersebut akan terus berjalan dan berputar-putar saja di area akar mimang berada, bahkan dalam beberapa kasus seseorang bisa saja tersesat. Oleh karena itu, akar mimang juga disebut sebagai "pusaka penyesat".

Baca juga:  Mitos Mbah Atin, Wanita Tua 'Pencabut Nyawa' yang Kerap Dikaitkan dengan Petaka

Akar ini dipercaya mempunyai banyak manfaat, antara lain sebagai pagar rumah, pagar diri, dan pengobatan. Akar mimang bisa ditanam di rumah, tetapi sebelum ditanam konon tanaman ini harus dibawa memutar atau dibawa berkeliling rumah dengan arah putaran ke kiri.

Karena memiliki mitos membuat bingung, akar mimang ini dipercaya bisa membuat bingung para pencuri yang masuk ke dalam rumah. Mereka akan kebingungan menemukan jalan keluar dari rumah itu.

Tak hanya pencuri saja, setiap orang yang hendak memasuki rumah orang tersebut dengan niatan jahat, akan berjalan memutar - mutar dan seolah baginya berjalan sangat jauh. Guna menyadarkannya, sang pemilik rumah harus menepuk pundaknya.

Sementara bila ditanam akar mimang sebagai pagar sawah, tambak, kebun, dan lain - lain, sama seperti pada pagar rumah, akar mimang yang ditanam, bertujuan untuk melindungi sawah, tambak, kebun, dan lainnya, dari orang yang berniat jahat.

Ketika pemilik rumah bepergian, amat mimang itu bisa menjadi pelindung dan media kekebalan diri bagi rumah yang ditinggalkan. Bahkan ada yang mempercayai amat mimang bisa menjadi penglaris dalam berdagang, apalagi ketika membawa buah yang terdapat pada kayu mimang tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini