Share

Humor Gus Dur: Bikin Kaget Wartawan karena Suka Lagu 'Me and Bobby McGee'

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 31 Desember 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 337 2525016 humor-gus-dur-bikin-kaget-wartawan-karena-suka-lagu-me-and-bobby-mcgee-NJzLxRkC8l.jpg Gus Dur (Foto: Reuters)

GUS DUR, panggilan akrab KH. Abdurrahman Wahid, ternyata sosok pencinta seni. Terkait hal itu, mungkin hanya teman dekatanya seperti KH Mustofa Bisri atau Gus Mus yang tahu kegemaran Gus Dur akan film-film Prancis, buku novel, dan musik.

Suatu hari, Gus Dur mengungkap sekelumit tentang musik favoritnya ke publik, yakni pada Medio 2003 ketika ia diwawancarai via telepon oleh Radio Inggris, BBC World Service. Saat itu, ia ditanya tentang lagu kesukaannya, Gus Dur menjawab lagu Me and Bobby McGee.

Nada suara pewawancara sangat terkejut. Bahkan ia sampai bertanya apakah Gus Dur tahu penyanyi serta makna lagunya.

Dan Gus Dur ternyata tahu profil si penyanyi lagu favoritnya, yakni Janis Joplin yang tewas karena overdosis narkoba. Sementara, lirik lagunya mengisahkan seorang perempuan hippies yang mengikuti perjalanan bersama seorang masinis kereta selama tiga hari.

Mereka melintasi Amerika Serikat dan melakukan hubungan tanpa ikatan perkawinan. "Ini jelas melanggar ajaran agama, tapi bagi saya yang penting nadanya enak," ujar Gus Dur menanggapi keheranan pewawancara.

Baca Juga : Humor Gus Dur: Pelatih Tim Sepakbola Korsel dari NU, Kok Bisa?

Untuk diketahui, Gus Dur dikenal sebagai orang yang memandang suatu persoalan secara proporsional dan jujur. Ia menyukai musik, menikmati nadanya tanpa terganggu oleh latar belakang penciptanya maupun inspirasi lagu yang tidak sejalan dengan agama sekalipun.

Dialog secara adil sebagai bagian dari kehidupan demokratis telah menjadi hal yang Gus Dur perjuangkan semasa hidup.

*Diadaptasi dari buku Gus Dur, Kisah-Kisah Jenaka dan Pesan-Pesan Keberagaman karya Marwini, S.H.I, M.A., M.Si.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini