Share

Sanksi Tilang Progresif untuk Pelanggar Ganjil Genap di Tempat Wisata saat Tahun Baru

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 30 Desember 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 337 2524745 sanksi-tilang-progresif-untuk-pelanggar-ganjil-genap-di-tempat-wisata-saat-tahun-baru-ZPoRssqzBz.jpg Ilustrasi. (Foto: MPI)

JAKARTA - Sanksi tilang biaya progresif akan dikenakan kepada pelanggar ganjil genap (gage) di sekitaran tempat wisata saat masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan kebijakan itu untuk dilakukan hingga 2 Januari mendatang di sekitar lokasi wisata yang ditentukan, sebagaimana Operasi Lilin.

"Pelanggaran ini akan dikenakan biaya progresif," kata Plt Kabagops Korlantas Polri Kombes Dodi Darjanto saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: H-1 Natal, 14.400 Penumpang KA Berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir


Baca juga: Tak Ada Penyekatan Kendaraan Luar Kota yang ke Lembang saat Tahun Baru

Dodi menjelaskan bahwa kepolisian akan melakukan penegakkan hukum melalui sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) Mobile yang berbasis Artificial Intelligent (AI).

Selain itu, kata Dodi, polisi juga akan melakukan penindakan terhadap pelanggaran batas kecepatan maksimal, penggunaan handphone saat berkendara, truk bermuatan overload over dimension (ODOL) dan lainnya.

"Di jalan arteri, kawasan wisata maupun ruas tol," ujar Dodi.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Namun demikiam, Dodi tak dapat merincikan daftar lokasi yang akan menerapkan kebijakan ganjil genap tersebut. Ia menuturkan, penerapan aturan itu diserahkan ke masing-masing Polda.

"Diserahkan pada penilaian masing-masing Polda. Dibutuhkan atau tidak, karena ada kawasan wisata yang tidak terlalu padat," ucap Dodi.

Sementara, Dodi menjelaskan wilayah DKI Jakarta akan menerapkan Crowd Free Night (CFN) mulai tanggal 31 Desember pukul 22.00 WIB hingga 1 Januari 2022 pukul 04.00 WIB.

10 kawasan itu antara lain Jalan Sudirman-Thamrin, kawasan Kemang, kawasan Bulungan dan Barito, Senopati-Gunawarman-SCBD, Jalan Asia Afrika, Kota Tua, Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kelapa Gading, hingga Monas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini