Share

Cerita Mistis dari Bali: Leak hingga Sosok Ibu Misterius

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 30 Desember 2021 06:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 337 2524561 cerita-mistis-dari-bali-leak-hingga-sosok-ibu-misterius-DO93DPz00M.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Pulau Bali merupakan surga bagi para pelancong. Wilayah ini kerap disesaki turis dalam negeri dan mancanegara untuk berlibur. Masih kental dengan adatnya, Bali memiliki beragam cerita mistis. Berikut daftarnya.

1. Leak

Bicara Bali, maka topik tentang Leak sudah pasti akan pula diperbincangkan. Leak merupakan makhluk mitologi Bali yang terkenal gemar mencari tumbal dan sangat ditakuti oleh masyarakat.

Melansir Okezone (Sabtu, 16 Oktober 2021), leak berasal dari Calonarang, sosok gaib yang menjadi penguasa tertinggi ilmu hitam atau ilmu leak di Bali.

Berbagai pertunjukkan di Bali sering menghadirkan leak dan digambarkan sebagai sosok tinggi besar, mata besar, dan lidah menjulur.

Cerita leak ini sudah tersebar dan diketahui sebagian besar penduduk Indonesia, bahkan luar negeri. Beberapa peneliti asing, terutama dari Australia, tertarik untuk meneliti leak.

2. Sosok ‘Ibu’ Misterius

Selebgram Dyta Nuruliza pernah membagikan pengalaman seramnya saat menginap di sebuah penginapan yang terbuat dari bambu. Lokasinya berjarak sekitar 2 kilometer dari Kintamani, pada Maret 2021.

Melalui akun Instagram pribadinya, Dyta mengaku bertemu seorang ibu-ibu misterius yang mengenakan baju adat Bali.

Sosok tersebut membawa sesuatu, seperti alat-alat sembahyang. Ketika Dyta menanyakan tujuan sosok misterius itu, si sosok hanya menunjuk ke arah jalan di samping dapur.

Salah satu teman Dyta yang penasaran, mencoba mencari tahu ke mana arah jalan itu. Ternyata, jalan yang dilalui sosok tersebut merupakan jalan buntu, dan sosok itu menghilang secara misterius.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

3. Tol Bali Mandara

Jalan tol yang berdiri di atas air dengan panjang lintasan 12,7 km dan diresmikan pada 2013 ini juga memiliki kisah-kisah mistis. Bahkan, saat masih dalam proses pembangunan, di jalan tol ini terjadi beberapa peristiwa yang dialami oleh para pekerja proyek.

Salah satunya adalah kehadiran sosok ibu-ibu berbaju putih yang menyambangi para pekerja. Tanpa berpikiran negatif, pekerja tersebut hanya menyapa sosok tersebut. Ada lagi cerita tentang seorang pekerja yang melihat ada wanita tua duduk di atas jangkar ponton.

Saat pekerja ingin melaporkan hal itu ke atasannya, wanita tua tersebut tiba-tiba menghilang. Deretan kejadian mistis di Tol Bali Mandara juga bertambah dengan suara rintihan wanita yang sering didengar para pekerja.

4. Gua Jepang di Bali

Gua peninggalan Jepang tidak hanya ada di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bali juga memiliki gua tersebut. Gua Jepang ini berada di wilayah Klungkung. Rakyat pribumi membangun gua ini dengan kerja paksa atau romusha, sebagai benteng pertahanan serdadu Jepang, sekaligus tempat ditahannya pribumi.

Banyak sekali korban yang dibunuh di goa sedalam 15 meter itu. Hal itulah yang menjadikan lokasi ini terkesan seram dan mistis, serta dipenuhi makhluk astral.

Penduduk lokal memberikan kesaksian bahwa mereka kerap menemui sosok menyerupai manusia dengan tubuh dipenuhi luka parah, serta siluman berwajah sangat menyeramkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini