Share

Hoegeng Tak Mau Tinggal di Rumah Dinas, Bingung Uang Kontrakan Selalu Ditolak Pemilik

Fay Cilla, Okezone · Kamis 30 Desember 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 337 2524539 hoegeng-tak-mau-tinggal-di-rumah-dinas-bingung-uang-kontrakan-selalu-ditolak-pemilik-YYz9tl89Yw.jpg Hoegeng. (Foto: Istimewa)

HOEGENG merupakan Menteri dan Kapolri ke-5 Indonesia yang dikenal karena kejujuran dan kesederhanaannya. Lika-liku yang dia alami selama menjadi Kapolri tidaklah mudah, terlebih ia termasuk orang yang disiplin.

Seperti salah satu cerita saat ia menjabat sebagai Kapolri. Dia tidak pernah menerima suapan ataupun pemberian dari orang-orang yang mengenalnya ataupun orang yang belum ia kenal.

Saat ia menjabat sebagai Kapolri, ia juga tidak mengambil Rumah Dinas karena ia takut tidak memiliki tempat tinggal lagi setelah pensiun. Hoegeng lantas tetap berada rumah sewaan yang ia bayar. Akan tetapi, pemilik rumah kontrakan yang mengetahui Hoegeng adalah Kapolri, tiba-tiba selalu menolak uang sewanya.

Hoegeng juga diketahui tidak pernah menunggak atau telat membayar rumah kontrakannya. Bahkan pemilik rumah tidak pernah mengeluh kepada Hoegeng. Sekretaris pribadinya, Dharto mengusulkan untuk tidak usah lagi membayar karena pemilik rumah selalu mengembalikkan uang sewa tersebut, namun Hoegeng menolak, sebagaimana dikutip dalam buku “Hoegeng Polisi dan Mentri” tulisan Suharyanto.

Baca juga: Ini Julukan Hoegeng untuk Presiden Soekarno, Embahe!

“Eeh jangan begitu dong Mas Dharto. Itu, tidak Hoegeng sukai. Bagaimana kalau suatu saat, dia meminta tolong Hoegeng karena ada masalah. Dan meminta Hoegeng membantu menyelesaikan karena Hoegeng seorang Kapolri. Padahal, masalah itu bertentangan dan menyimpang dari tugas pokok Hoegeng sebagai polisi,” ucap Hoegeng beralasan.

Akhirnya Dharto yang mendengar penjelasan dari Hoegeng mengusulkan untuk mengirim uang sewaan menggunakan Pos Wesel, dengan kata lain ada bukti pembayaran dan uang diberikan secara langsung. Diterima atau tidaknya adalah urusan pemilik rumah sewaan tersebut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini