Share

Humor Gus Dur: Pelatih Tim Sepakbola Korsel dari NU, Kok Bisa?

Tim Okezone, Okezone · Kamis 30 Desember 2021 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 337 2524448 humor-gus-dur-pelatih-tim-sepakbola-korsel-dari-nu-kok-bisa-SFPuuI9Bwm.jpg Gus Dur (Ist)

JAKARTA - Humor Gus Dur memang selalu segar dan membuat orang tergelak. Walau begitu, banyak banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap celotehan tokoh bernama asli KH Abdurrahman Wahid ini.

Misalnya saat Gus Dur mengklaim, salah satu pelatih sepak bola berasal dari Nahdlatul Ulama (NU). Hal ini membuat heran dan menimbulkan pertanyaan. Apakah Gus Dur serius atau tengah memainkan humor saja?

Seperti dikutip dari buku Tertawa Bersama Gus Presiden Dur, dalam suatu kompetisi sepak bola Piala Dunia 2002, tim Korea Selatan (Korsel) mencetak prestasi luar biasa dengan mengalahkan tim Italia di babak perdelapan final.

Menurut Gus Dur, ternyata prestasi Korsel itu tidak terlepas dari 'sumbangan' NU, karena pelatihnya bernama Guus Hiddink.

Baca Juga : Humor Gus Dur: Diundang Jadi Pelatih Klub Sepakbola di Madura, Berapa Biaya Transfernya?

Sebutan 'Gus' adalah (panggilan) untuk anak-anak 'darah biru' di Jawa Timur, baik anak-anak kiai di pondok pesantren atau anak-anak priyayi Jawa. Asal-usulnya dari kata 'Raden Bagus', yaitu sebutan untuk priyai kecil, diubah menjadi 'Den Bagus' dan akhirnya 'Gus' saja.

Sementara Guus Hiddink adalah pelatih sepakbola kelas dunia yang berasal dari Belanda, tetapi namanya ditulis dengan dua huruf U.

Humor satu ini pernah menjadi salah satu favorit Gus Dur, karena kesukaannya terhadap sepak bola. Menariknya lagi, ternyata Gus Dur hafal hampir semua pemain sepak bola Eropa, bahkan sekalipun yang ejaannya sulit diucapkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini