Share

Ingat! Tak Boleh Ada Arak-Arakan dan Pesta Kembang Api saat Malam Tahun Baru

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 29 Desember 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 337 2524271 ingat-tak-boleh-ada-arak-arakan-dan-pesta-kembang-api-saat-malam-tahun-baru-NtwXnf6k8I.jpg Sonny Harry B Harmadi. (Foto: Carlos Roy)

JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi menekankan agar masyarakat tidak memperingati tahun baru dengan melakukan arak-arakan serta pesta kembang api. Dia juga meminta pemerintah menutup alun-alun kota saat perayaan malam tahun baru.

Hal tersebut dikatakan Sonny Harry mengingat saat ini sudah mulai ada transmisi lokal kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

"Perayaan tahun baru 2022 dilakukan di lingkungan masing-masing yang tidak berpotensi menimbulkan kerumunan. Melarang adanya pawai dan arak-arakan serta pelarangan acara new year baik terbuka maupun tertutup," ujar Sonny Harry, Rabu (29/12/2021) dalam pemaparannya.

Ia menyebutkan pemerintah daerah bersama unsur stakeholder terkait juta diminta menutup semua alun-alun kota pada tanggal 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Baca juga: Malam Tahun Baru 2022, Polisi Berlakukan Crowd Free Night di 10 Kawasan Ini

"Pemerintah daerah juga perlu melaksanakan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan di tempat yang berpotensi kerumunan seperti tempat perbelanjaan dan tempat wisata lokal,"ucapnya.

Sonny Harry juga menekankan kewaspadaan pada objek wisata di sejumlah kota besar di Indonesia. Pemerintah daerah diminta sudah mengidentifikasi potensi kerumunan di tempat wisata yang akan menjadi destinasi wisata masyarakat.

"Tingkatkan kewaspadaan pada objek wisata khususnya daerah destinasi pariwisata favorit: Bali, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Medan, dan lainnya. Terapkan pengaturan ganjil - genap untuk mengatur kunjungan tempat wisata prioritas," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini