Share

Oknum Prajurit Diduga Bantu Kirim PMI Korban Kapal Tenggelam di Malaysia, TNI AU Dalami

Riezky Maulana, iNews · Rabu 29 Desember 2021 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 337 2524217 oknum-prajurit-diduga-bantu-kirim-pmi-korban-kapal-tenggelam-di-malaysia-tni-au-dalami-W2F8NZIZgt.jpg Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah (Ist)

JAKARTA - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyatakan ada dugaan keterlibatan prajurit TNI AU dalam kasus pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal. Di antara PMI yang dikirim ke Malaysia itu, ada yang menjadi korban tewas dalam insiden kapal tenggelam.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menuturkan, TNI AU serius mendalami kasus itu.

"Tentang adanya dugaan keterlibatan prajurit TNI AU dalam pengiriman Tenaga Migran Indonesia iegal ke Malaysia, TNI AU tengah serius mendalami hal tersebut," ujar Indan melalui keterangannya, Rabu (29/12/2021).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan stakeholder untuk menggali lebih jauh informasi tersebut. Menurut dia, hal tersebut untuk memperjelas duduk perkara.

"Sesuai instruksi pimpinan TNI AU, kami masih melakukan pendalaman dengan berkoordinasi dengan semua stake holder, untuk menggali dan mengembangkan informasi lebih lanjut agar masalahnya lebih jelas," ucap Kadispenau.

Indan menuturkan, TNI AU tak segan-degan memberikan sanksi tegas sesuai aturan hukum yang berlaku jika terbukti ada prajurit yang terlibat dalam kasus ini.

Baca Juga : Kapal pengangkut PMI Ilegal Tenggelam di Selangor, Setidaknya 10 Orang Tewas

"Bila dalam perkembangannya terbukti memang ada oknum prajurit TNI AU yang terlibat dalam proses pengiriman TMI ilegal, dipastikan TNI AU akan memberikan sanksi hukum tegas sesuai aturan yang berlaku," tuturya.

Sebelumnya, Kepala BP2MI Benny Rhamdani menyebut ada dugaan keterlibatan anggota TNI dalam pengiriman pekerja migran ilegal ke Malaysia. Institusi yang dimaksud yaitu TNI AL dan TNI AU.

Dugaan itu berdasarkan hasil investigasi tim khusus BP2MI, terkait peristiwa kapal tenggelam yang mengangkut Pekerja migran indonesia (PMI) ilegal di perairan Johor, Malaysia.

"Adanya dugaan keterlibatan oknum TNI AL dan oknum TNI AU. adanya dugaan keterlibatan yang memiliki peran masing-masing dalam membantu kegiatan pengiriman PMI ilegal," ujar Benny di Jakarta, dikutip Rabu (29/12/2021).

Lebih jauh dipaparkan Benny, dirinya akan melaporkan hasil temuan investigasi ini ke pimpinan masing-masing instansi. Tak hanya itu, Benny juga akan bertemu Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa guna membahas permasalahan tersebut.

"Kami tentu gunakan kata dugaan karena kami akan serahkan masalah ini kepada pimpinan dari instnasi masing-masing. Saya akan coba nanti bertemu Panglima TNI," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini