Share

Kasus Tabrak Lari Sejoli di Nagreg, Ini Penjara Militer Tercanggih Lokasi Kolonel P Ditahan

Riezky Maulana, iNews · Rabu 29 Desember 2021 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 337 2524161 kasus-tabrak-lari-sejoli-di-nagreg-ini-penjara-militer-tercanggih-lokasi-kolonel-p-ditahan-dP2TDDl8Je.jpg Illustrasi (foto: dok Sindo)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menuturkan bahwa Kolonel P ditahan di rumah tahanan tercanggih milik TNI AD, pada Selasa 28 Desember 2021. Kolonel P merupakan satu dari tiga tersangka penabrak dan pembuang jasad sejoli Handi-Salsabila ke Sungai Serayu, Cilacap, Jawa Tengah.

"Saat ini Kolonel P ada di tahanan militer yang tercanggih, yang kita sebut smart, yang baru tahun lalu kita resmikan. Kemudian satu anggota Sertu AS ada di Bogor, satu lagi DA itu ada di Cijantung," tutur Andika.

Baca juga: 3 Oknum TNI Pelaku Tabrak Lari di Nagrek Dibawa ke Jakarta, Ditempatkan di Lokasi Berbeda

Lantas seperti seperti apa Rutan yang disebut-disebut sebagai lokasi tercanggih?

Lokasi Rumah Tahanan (Rutan) Smart Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya itu terletak di Setiabudi, Jakarta Selatan. Rutan ini baru beberapa waktu lalu diresmikan oleh Andika Perkasa saat masih menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), tepatnya 20 April lalu.

Peresmiannya kalau itu ditandai penandatanganan prasasti oleh Andika yang didampingi oleh Danpuspomad Letjen TNI Chandra Warsenanto Sukotjo, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Baca juga: Jenderal Dudung: Oknum Prajurit Penabrak Handi-Salsa Tak Berperikemanusiaan!

Instalasi tahanan militer ini berdiri di tanah seluas 1.500 meter persegi. Sebanyak 83 warga atau prajurit binaan dapat didampung di tempat ini.

Mengapa instalasi ini disebut smart? Kata Andika, lantaran seluruh fasilitasnya berbasis Information Communication Technologies (ICT). Tak hanya itu, peralatan yang ada juga sudah diintegrasikan sedemikian rupa dengan artificial intelligence (AI). Sehingga sangat aman dan sangat terkendali.

"Semuanya sudah bisa diprogram, tidak lagi manual, pengunciannya kemudian menyalakan lampu dan sebagainya. Semuanya sudah diprogram dengan elektronik, sehingga bisa otomatis," kata Andika ketika itu.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Instalasi penjara militer ini diklaim lebih, aman, dan didesain sedemikian rupa guna mencegah terjadinya vandalisme, potensi tahanan untuk mencederai diri sendiri, hingga perundungan.

"Tetapi juga lebih penting, instalasi tahanan ini lebih manusiawi, tidak mungkin lagi ada bullying itu di dalam," jelasnya.

Terdapat pula command center yang berada di lantai 2 ini yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pendeteksian. Pendeksian itu pun dilakukan menggunakan alat-alat khusus.

Selain didukung dengan sistem keamanan yang mumpuni, instalasi tahanan militer Pomdam Jaya juga dilengkapi fasilitas yang memadai salah satunya hak tahanan untuk menerima kunjungan. ⁣

Adapun cara kunjungan bisa dengan dua cara. Pertama kunjungan secara langsung, namun tetap dibatasi oleh kaca, sehingga berbicara melalui sarana telepon, namun telepon kabel.

Kemudian yang kedua, menggunakan cara virtual yang dapat diakses melalui website Pomdam Jay dan komunikasi virtual dapat dilakukan di satuan-satuan Polisi Militer. ⁣

Andika pun menitipkan pengelolaan instalasi tahanan militer ini kepada jajaran Kodam Jaya agar bisa dimanfaatkan dengan semaksimal. Menurutnya, sebagai program pertama yang dimiliki, maka Jakarta menjadi tolok ukurnya.

"Saya titip Kepada pejabat kodam militer benar-benar memanfaatkan kelebihan instalasi tahanan militer ini. Karena memang inilah yang seharusnya kita miliki, tadinya kan tidak manusiawi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini