Share

Deretan Kisah Mistis di Malang, Nomor 3 Ceritanya Melegenda

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 29 Desember 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 337 2523971 deretan-kisah-mistis-di-malang-nomor-3-ceritanya-melegenda-IjNNPo18Vd.jpg Wisma Tumpael (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Malang dikenal dengan keindahan alam dan wisatanya. Selain itu Malang juga dikenal dengan suasana yang sejuk hingga kuliner. Namun, Malang juga menyimpan cerita mistis. Mulai dari Wisma Erni hingga pabrik jamur Cangar. Berikut cerita mistis di Malang.

1. Wisma Erni

Wisma Erni cukup dikenal oleh warga Malang. Wisma ini berdiri pada 1996. Sebelumnya, tanah yang dijadikan bangunan ini adalah kuburan. Warga setempat telah memperingatkan untuk tidak membangun, namun hal tersebut diabaikan. Dinamai Wisma Erni karena pemiliknya bernama Erni. Diketahui, Erni merupakan istri dari pengusaha kaya raya dari Tionghoa.

Konon, tempat ini menjadi mistis karena semua keluarga yang menghuni wisma tersebut dibantai tanpa diketahui penyebabnya. Semuanya meninggal dunia, termasuk Erni. Menurut warga setempat, arwah Erni sering menampakkan diri di balkon lantai dua. Arwah Erni berpenampilan seperti noni Belanda. Selain itu, di Wisma Erni sering terdengar suara musik.

Baca juga: Mitos Mbah Atin, Wanita Tua 'Pencabut Nyawa' yang Kerap Dikaitkan dengan Petaka

2. Jembatan Sulfat

Jembatan ini berada di jalan terusan Sulfat, Malang. Jembatan ini cukup ramai dilalui oleh pengendara. Jembatan Sulfat sering diperbicangkan lantaran kisah mistis yang menyelimutinya. Jembatan Sulfat dibangun pada 2000. Jembatan ini dibangun untuk mempermudah akses jalan Purwantoro-Sawojajar yang dipisahkan sungai Bango dan Sungai Anyar.

Baca juga: Hiii... Pria Ini Diganggu Pocong di Tol Karawaci, Kain Putih Nempel ke Tangan

Proses pembangunan jembatan ini memangkas area pemakaman. Banyak yang beranggapan bahwa penghuni makam tidak terima apabila tanah diambil. Hal ini menimbulkan banyak kejadian aneh di lokasi jembatan. Beberapa peristiwa kecelakaan yang terjadi di lokasi jembatan sering kali dihubungkan dengan kisah mistis.

3. Wisma Tumapel

Wisma Tumapel terletak di Jalan Tumapel No 1, Malang. Wisma ini berdiri sejak 1928. Awalnya bernama Hotel Splendit. Bangunan ini sempat berganti kepemilikan dan fungsi. Setelah bertahun-tahun kosong dan tidak terawat, berkembanglah cerita mistis terkait bangunan ini. Konon, hantu noni Belanda sering muncul di lorong bangunan. Selain penampakan noni Belanda, penampakan pria bule menggunakan pakaian Belanda juga sering muncul di tempat ini.

Sosok-sosok astral lainnya juga terdapat di sini, mulai dari perempuan yang rambut panjangnya menyentuh lantai, hingga sosok anak kecil. Meski dikenal angker, tempat ini sering digunakan untuk pemotretan. Namun tentu saja ada aturan yang dipatuhi. Seperti, larangan berteriak, juga larangan membuka pintu yang tertutup.

Baca juga: Viral Penampakan Kuyang Melintas di Depan Pintu

4. Rumah Hantu Rinjani

Kisah mistis menyelimuti rumah hantu Rinjani yang terletak di Jalan Rinjani No 14, Malang. Penampakan makhluk astral di sekitar rumah ini sering diperbincangkan. Salah satu yang kerap dibicarakan adalah penampakan sosok noni Belanda di atas atap rumah. Karena bentuk bangunan ini kental dengan nuansa Eropa. Maka tidaklah mengherankan jika penampakan makhluk astral yang muncul di sini berupa sosok noni Belanda dan menir Belanda. Selain itu, warga setempat juga sering melihat penampakan anak kecil Belanda yang tengah asyik bermain.

Baca juga: Padang 12, Kota Gaib Mewah di Kalbar yang Dihuni Bangsa Jin Muslim Tajir Melintir

Di balik kisah mistisnya, bangunan ini sempat bermasalah atas kepemilikan bangunan. Bangunan sempat dimiliki oleh oleh Han Kian Gwan alias Ivan Nurhansyah. Pada 1986, Ivan Nurhansyah meninggal dunia. Kemudian terjadi pemindahan kepemilikan dari tangan ke tangan.

5. Pabrik Jamur Cangar

Bangunan pabrik jamur Cangar sudah ditinggalkan oleh pemiliknya sejak 2010. Nuansa mistisnya sangat terasa di tempat ini. Banyak ruangan dan bangunan yang telah kosong yang menambah kesan seram tempat ini. Aroma mistis terlihat dari bangunan-bangunan yang sudah tidak terurus dan terawat.

Ketika pabrik ini masih beroperasi, beberapa pekerja sering mendapatkan pengalaman gaib, mulai dari penampakan nenek yang berjalan ngesot, suara tangisan, hingga jeritan minta tolong.

Baca juga: Padang 12, Kota Gaib Mewah di Kalbar yang Dihuni Bangsa Jin Muslim Tajir Melintir

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini