Share

Bupati Hulu Sungai Utara Kembali Ditetapkan Tersangka, Kali Ini Terkait Kasus Pencucian Uang

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 28 Desember 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 337 2523646 bupati-hulu-sungai-utara-kembali-ditetapkan-tersangka-kali-ini-terkait-kasus-pencucian-uang-gxUjBO3brR.jpg Bupati Hulu Sungai Utara Abdul Wahid. (Foto : MNC Portal/Raka Dwi Novianto)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid (AW), sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sebelumnya, Abdul ditetapkan sebagai tersangka suap pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalsel tahun 2021-2022.

Pelaksana tugas (Plt) Juru bicara KPK, Ali Fikri menjelaskan, penetapan Abdul sebagai tersangka TPPU karena tim penyidik telah mendalami dan menganalisis dari rangkaian alat bukti yang ditemukan dalam proses penyidikan perkara suap dan gratifikasi.

"Diduga ada beberapa penerimaan tersangka AW yang dengan sengaja disamarkan dan diubah bentuknya serta dialihkan kepada pihak lain," ujar Ali dalam keterangannya, Selasa (28/12/2021).

Atas bukti tersebut, ia menyebutkan, KPK kembali menetapkan Abdul Wahid sebagai tersangka dalam dugaan perkara TPPU.

Baca Juga : KPK Tetapkan Bupati Hulu Sungai sebagai Tersangka Suap

"TPPU diterapkan karena diduga ada bukti permulaan yang cukup terjadi perubahan bentuk dari hasil tindak pidana korupsi kepada aset-aset bernilai ekonomis seperti properti, kendaraan, dan menempatkan uang dalam rekening bank," kata Ali.

Sebagaimana diketahui, KPK telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek irigasi di Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. Ketiganya adalah Plt Kadis Pekerjaan Umum (PU) HSU, Maliki (MK); Direktur CV Hanamas, Marhaini (MRH); dan Direktur CV Kalpataru, Fachriadi (FRH).

KPK kemudian juga telah menetapkan Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid (AW) sebagai tersangka dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalsel tahun 2021-2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini