Share

Ketika Hoegeng Difitnah di Hadapan Presiden Soekarno

Fay Cilla, Okezone · Senin 27 Desember 2021 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 337 2522929 ketika-hoegeng-difitnah-di-hadapan-presiden-soekarno-8RarALsBBB.jpg Hoegeng. (Ist)

HOEGENG dikenal sebagai sosok sederhana dan jujur yang disegani banyak orang. Hoegeng juga dikenal sebagai sosok yang tidak pernah memanfaatkan jabatannya untuk memperkaya dirinya.

Mantan Presiden Abdurrahman Wahid pun mengakui Hoegeng merupakan polisi yang ia percaya sebagai polisi jujur.

Meski begitu, tak semuanya suka dengan sifat Hoegeng. Karena sifatnya yang jujur, ia selalu memiliki hambatan dengan orang-orang yang ingin berniat jahat kepadanya.

Salah satu saat ia difitnah di depan Presiden Soekarno. Itu karena ada orang yang berkata bahwa Hoegeng ingin menggulingkan Soetjipto, atasannya saat itu.

Orang tersebut ternyata mengajak Hoegeng untuk bergabung dalam aksi penggulingan Soetjipto. Akan tetapi, Hoegeng menolak ajakan tersebut.

Akhirnya Hoegeng mengadakan pertemuan dengan orang tersebut dan Presiden Soekarno untuk membuktikan bahwa dirinya tidak terlibat dalam aksi itu.

Dikutip dalam buku Hoegeng Polisi dan Mentri, Senin (27/12/2021), Hoegeng membenarkan dirinya didatangi oleh orang yang bersangkutan di kantor dan di rumahnya. Lalu secara rinci Hoegeng menyebutkan tanggal dan pertemuannya serta detail pembicaraannya. Hoegeng juga memberikan jawaban tidak bersedia ikut setelah diajak.

Baca Juga : Ini Julukan Hoegeng untuk Presiden Soekarno, Embahe!

Sumber: Buku Hoegeng Polisi dan Mentri Teladan karya Suhartono

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini