Share

Humor Gus Dur: Gunakan Strategi Bertahan ala Sepakbola Italia

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 25 Desember 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 337 2522298 humor-gus-dur-gunakan-strategi-bertahan-ala-sepakbola-italia-Z8ovu7n3Vu.jpg Presiden ke-4 RI, Abdurahman Wahid (Gus Dur)/foto: dok Okezone

JAKARTA - Romo Sindhunata yang juga dikenal sebagai komentator sepak bola, wartawan sekaligus sastrawan dan budayawan selain terdapat juga hasil wawancara dan humor-humor mencerdaskan terkait sepak bola ala Gus Dur.

Sindhunata mengkritik Presiden Gus Dur yang cenderung menggunakan pola catenaccio (sistem grendel), yang kerap digunakan oleh Timnas Italia sebagai strateginya menghadapi parlemen yang saat itu sangat destruktif kala berseteru dengan pemerintah.

Baca juga:  Humor Gus Dur: Bagaimana Cara Supaya Sepakbola Indonesia Bisa Bagus?

Pola permainan ini bertahan, cenderung tidak berkembang karena hanya menunggu kesempatan untuk menyerang sehingga membuat permainan sepak bola sangat monoton. Demikian dilansir dari NU Online.

Baca juga:   Humor Gus Dur: Rumah Pelatih Sepak Bola seperti Istana

Itulah yang dinilai Sindhunata pemerintahan Gus Dur menjadi tidak berkembang dan tidak indah seperti kepakarannya dalam membaca sepak bola. Kolom tentang ini oleh Sindhunata diberi judul ‘Catenaccio Politik Gus Dur’ yang diterbitkan oleh harian terkemuka nasional pada tanggal 16 Desember 2000 hingga akhirnya mendapat perhatian Gus Dur di media yang sama.

Lalu, Gus Dur menanggapinya dengan menulis kolom juga dua hari setelahnya dengan tajuk ‘Catenaccio Hanyalah Alat Belaka’.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini