Share

Jelang Malam Natal, Mahfud MD Kunjungi Gereja Katedral

Indra Purnomo, MNC Portal · Jum'at 24 Desember 2021 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 337 2522071 jelang-malam-natal-mahfud-md-kunjungi-gereja-katedral-IOZ6Xtrkrv.jpg Menko Polhukam Mahfud MD menyambangi Gereja Katedral (Foto : MPI)

JAKARTA - Jelang malam Natal, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD megunjungi Gereja Katedral, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (24/12/2021). Pantauan MNC Portal Indonesia, Mahfud tiba di lokasi sekira pukul 14.08 WIB. Tampak Mahfud mengenakan pakaian Kemenko Polhukam serba hitam. Dia juga terlihat mengenakan masker berwarna hitam.

Kedatangan Mahfud langsung disambut Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Ignatius Kardinal Suharyo. Tak banyak bicara, Mahfud lansung menuju ke dalam Gereja.

"Selamat sore," ujar Mahfud kepada Ignaitus di Gereja Katedral, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwandi menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 pelaksanaan peribadatan di Gereja Katedral sama halnya Natal di masa pandemi tahun lalu, yakni tetap mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh Keuskupan Agung Jakarta dengan melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Gereja Katedral menyediakan alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, hand sanitizer, mengatur jarak duduk di kursi, dan masih banyak hal yang dilakukan sebagai upaya melaksanakan protokol kesehatan secara ketat guna memutus mata rantai Covid-19.

Baca Juga : Operasi Lilin 2021, Aparat Gabungan Amankan 54.959 Objek saat Nataru

"Tim Gugus Kendali Paroki Katedral sejak awal pandemi telah dibentuk guna mengatur dan melaksanakan serta mengawasi jalannya pelaksanaan protokol kesehatan di Gereja Katedral. Kapasitas gereja untuk ibadat Misa Natal sebanyak 650 kursi, yaitu 40 % dari kapasitas total Gereja Katedral. 350 umat berada di dalam Gereja Katedral, 210 umat berada di aula atas, dan 130 umat berada di Plaza Maria," kata Susyana kepada wartawan.

Setiap selesai ibadat, Gereja Katedral melakukan disinfeksi di dalam seluruh ruang gereja. Umat yang hadir adalah umat yang terdaftar di Paroki Katedral harus dalam keadaan sehat dan melakukan pendaftaran untuk mengikuti ibadat melalui website Belarasa yang disediakan oleh Keuskupan Agung Jakarta.

"Setelah mendapatkan QR Code pada undangan yang diperoleh setelah mendaftar di Website Belarasa, maka umat wajib membawa undangan tersebut disertai KTP serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini