Share

3.400 Pelaku Perjalanan Internasional Masuk Indonesia Lewat Bandara Soetta

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 24 Desember 2021 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 337 2521778 3-400-pelaku-perjalanan-internasional-masuk-indonesia-lewat-bandara-soetta-woibPyHkfv.jpg Bandara Soekarno-Hatta (MNC Portal/Isty Maulidya)

JAKARTA - Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19, Hery Trianto, mengakui terjadi lonjakan frekuensi penerbangan dan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Bahkan ribuan pelaku perjalanan luar negeri tiba hari ini.

"Karena memang kalau melihat frekuensi kedatangan memang terjadi kenaikan rata-rata per hari di Bandara Soetta itu ada 22-28 penerbangan internasional yang datang dari berbagai penjuru dunia. Seperti hari ini ada 28 penerbangan dengan 3.400 penumpang," kata Hery dalam diskusi virtual, Kamis (23/12/2021).

Hery mengklaim, proses skrining yang dilakukan satgas terbukti efektif. Sebab, belasan pelaku perjalanan dengan maskapai Turkies Airlaines terkonfirmasi positif Covid-19.

"Tes ini sejauh ini terbukti efektif sebagai skrining seperti dua hari lalu kita kedapatan 17 pelaku perjalanan menggunakan salah satu maskapai penerbangan dari Turkies Airlaines yang kemudian positif Covid-19. Sehingga mereka bisa segera isolasi di Wisma Atlet," tuturnya.

Baca Juga : Jelang Nataru, Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Meningkat pada 24 Desember

"Jadi ini memang yang terus dilakukan karena peningkatan yang signifikan jumlah penumpang dimana ada beberapa momen di mana penerbangan datang secara bersamaan itu terjadi penumpukan seperti di hari Sabtu pekan lalu terjadi penumpukan. Tetapi, hari-hari terakhir ini bisa diatur sedemikian rupa sehingga alurnya dapat lancar. Dua hari lalu saya datang ke gate kedatangan internasional dan memang tidak terjadi penumpukan yang berarti karena memang jumlah perbaikan dilakukan," jelasnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Hery membeberkan, Satgas Covid-19 terus melakukan rapat koordinasi guna memastikan proses skrining di bandara berjalan lancar.

"Satgas penanganan Covid-19 beberapa kali melakukan rapat koordinasi untuk memastikan proses skrining di bandara lancar pengangkutan juga lancar dengan menambah armada dan akhirnya proses karantina di sejumlah titik baik terpusat dan dibiayai oleh pemerintah maupun terpusat bekerjasama dengan PHRI," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini