Share

8 Pohon yang Paling Disukai Makhluk Halus, Genderuwo Suka Tinggal di Sini

Agregasi Solopos, · Kamis 23 Desember 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 337 2521623 8-pohon-yang-paling-disukai-makhluk-halus-genderuwo-suka-tinggal-di-sini-9luijCwnHx.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

SOLO - Makhluk halus atau jin diceritakan senang tinggal di pohon-pohon tertentu. Bahkan mereka kerap mendiami pohon tersebut.

Kisah-kisah makhluk gaib yang mendiami pohon-pohon bagi sebagian orang dianggap mitos dan di luar nalar manusia.

Mereka beranggapan hantu-hantu di pohon hanya ada di film atau di acara televisi horor, Di sisi lain ada yang masih mempercayai hal-hal yang berbau mistis seperti pohon yang menjadi kesukaan bangsa jin.

Berikut pohon-pohon yang disukai makhluk gaib seperti yang dihimpun dari Okezone dan akun Instagram @misterisolo.

1. Pohon Beringin

Beringin dianggap menjadi tempat bersarangnya makhluk gaib dan pohon yang menyeramkan. Kesan mistis pohon ini berasal dari ukuran pohon yang besar dan akar-akar yang menggantung dari atas pohon.

Konon pohon beringin menjadi tempat tinggal sosok genderuwo dan orang yang mematahkan akar pohon ini akan diganggu penunggunya hingga jatuh sakit.

2. Pohon Kapuk

Pohon ini sudah dikenal masyarakat Jawa sebagai tempat tinggal kuntilanak. Tak hanya itu, wewe gombel, sundel bolong, dan makhluk gaib lainnya diyakini menempati pohon tersebut. Konon, kapuk dijadikan bahan untuk pakaian makhluk tak kasat mata.

3. Pohon Pisang

Pohon yang disukai makhluk gaib selanjutnya yakni pohon pisang. Banyak yang beranggapan pohon pisang menjadi sarangnya bangsa pocong. Pohon pisang yang berada di daerah ujung dengan pencahayaan gelap membuat pocong tertarik untuk menyinggahi.

Menurut kepercayaan masyarakat Sulawesi Selatan, pohon ini menjadi tempat bersemayam manusia jadi-jadian yang kerap disebut Poppo atau parakang.

4. Pohong Nangka

Selain pohon pisang, pohon nangka disebut menjadi tempat tinggal pocong dan makhluk halus lainnya. Pocong yang akan menampakkan diri memberikan tanda-tanda seperti bau tak sedap bak bangkai hewan.

5. Bambu

Keangakeran pohon ini sudah tidak asing bagi pencinta cerita horor. Bambu disebut menjadi tempat favorit kuntilanak. Namun, perlu diketahui bambu yang dimaksud yakni bambu berwarna hijau. Sementara bambu berwarna kuning justru ditakuti para jin dan digunakan menjadi penolak bala bencana.

6. Gayam

Pohon yang disukai makhluk gaib selanjutnya yakni pohon gayam. Pohon yang kerap dijumpai di pinggir jalan ini digemari makhluk halus. Hal tersebut membuat sebagian orang menaruh lelembut di pohon gayam. Konon, pohon ini mampu melipatgandakan energi makhluk gaib.

7. Sawo

Pohon ini menjadi tempat tinggal makhluk gaib kasta tinggi. Penunggu pohon ini terkadang berwujud seperti punokawan dalam pewayangan.

8. Ketapang

Pohon ini memiliki mitos di mana orang yang menebang tanpa izin akan mendapatkan kesialan dan rezekinya melambat. Sosok jin yang dibuang dari ilmu hitam menyukai pohon ketapang ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini