Share

Menengok Tradisi Ngarot di Indramayu, Para Gadis Diarak Keliling Kampung!

Agregasi Solopos, · Rabu 22 Desember 2021 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 337 2521135 menengok-tradisi-ngarot-di-indramayu-para-gadis-diarak-keliling-kampung-dREXHl8Qg1.jpg Tradisi Ngarot di Indramayu. (Foto: Antara)

INDRAMAYU – Setiap daerah di Indonesia punya ragam budaya masing-masing yang menarik untuk diketahui maupun disaksikan langsung. Salah satunya adalah tradisi adat Ngarot di Desa Lelea, Indramayu, Jawa Barat.

Melansir Solopos.com, tradisi ini masih dipertahankan hingga sekarang. Pada Rabu 22 Desember 2021, tradisi ini digelar. Sejumlah gadis diarak keliling kampung.

Foto: Antara

Acara yang diikuti puluhan pemuda dan pemudi berhiaskan mahkota bunga itu merupakan pesta menjelang musim tanam padi sebagai wujud suka cita masyarakat atas berkah yang diberikan sang pencipta.

Baca juga: Membedah Mitos Keberaksaraan Orang Jawa

Tradisi di Indramayu tersebut rutin dilaksanakan setiap akhir tahun minggu ke tiga Desember tepatnya hari Rabu yang dipercaya masyarakat setempat sebagai hari yang dikeramatkan.

Tradisi Adat Ngarot memiliki kandungan makna sebagai ungkapan rasa syukur petani atas limpahan hasil panen padi, sekaligus menyambut kedatangan musim tanam baru yang diharap hasil melimpah dan dijauhi dari bencana.

(qlh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini