Share

Spesifikasi dan Misi Tempur Rafale, Jet Tempur Canggih Calon Penjaga Langit Nusantara

Fahmi Firdaus , Okezone · Kamis 23 Desember 2021 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 337 2521130 spesifikasi-dan-misi-tempur-rafale-jet-tempur-canggih-calon-penjaga-langit-nusantara-4n5nSiyaLD.jpg Jet tempur rafael di kapal induk Charles de Gaulle (Foto: dasault aviation)

JAKARTA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto beberapa waktu lalu menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas tindak lanjut kemitraan strategis antara Indonesia dan Prancis di sektor pertahanan. Mantan Danjen Kopassus ini juga sebelumnya tertarik dengan pesawat multi-role combat aircraft, Dassault Rafale buatan Prancis.

(Baca juga: Kekuatan Udara RI Semakin Menakutkan, TNI AU Beli Pesawat Tempur Rafale dan F-15 EX)

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau)  TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. "Kami menginginkan pesawat generasi 4,5 dan menginginkan yang 'heavy' atau medium ke atas. Karena kita saat ini sudah ada F-16 sudah ada Sukhoi buatan Rusia," ujar KSAU Rabu, 22 Desember 2021.

Saat ini, lanjut dia, pilihan pembelian pesawat tempur mengerucut pada dua pesawat, yakni pesawat Rafale buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat. "Ini juga hasil pemikiran dari Kementerian Pertahanan," ujar Fadjar.

(Baca juga: Jet Tempur TNI AU Hujani Pantai Lumajang dengan Ratusan Bom dan Roket, Ada Apa?)

Dilansir dari situs resminya, Rafale memiliki kapabilitas 'Omnirole'. Pesawat tempur ini juga berperan dalam misi permanen 'Peringatan Reaksi Cepat' pertahanan udara atau kedaulatan udara.

Diketahui, pesawat tempur Rafale Generasi 4.5 tergolong canggih karena bisa melesat dengan kecepatan hampir dua kali lipat kecepatan suara, dengan kecepatan tertinggi 1,8 Mach. Unit dilengkapi kemampuan multi-peran, termasuk peperangan elektronik, pertahanan udara, dukungan darat, dan serangan mendalam, sehingga Rafale bisa memberikan keunggulan udara kepada TNI Angkatan Udara.

Rafale sendiri telah terbukti dalam berbagai palagan. Jet tempur ini pernah digunakan oleh Angkatan Udara Prancis untuk misi tempur di Afghanistan, Libya, dan Mali.

Pesawat ini juga telah digunakan untuk misi di Republik Afrika Tengah, Irak, dan Suriah. Pesawat juga bisa membawa lebih banyak bahan bakar dan senjata dibandingkan jet tempur generasi kelima.

Setiap unit dibekali 14 stasiun penyimpanan senjata. Jet tempur Rafael terbang dengan rudal udara-ke-udara, Meteor, yang paling canggih. Rudal seberat 190 kg ini memiliki Beyond Visual Range (BVR) lebih dari 100 km, dan melaju dengan kecepatan tertinggi 4 Mach.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Sebagai perbandingan, jet tempur F16, membawa rudal AMRAAM, yang memiliki BVR 75 km. Rafale juga diklaim bisa mengungguli F16 dalam dogfights. Jet Rafale dilengkapi SCALP, rudal jelajah udara-ke-darat dengan jangkauan lebih dari 300 km. Ini adalah rudal serangan dalam jarak jauh. Rudal udara-ke-udara MICA di Rafale merupakan senjata ampuh dalam pertempuran udara jarak dekat, dan untuk BVR.

Rafael juga bisa dilengkapi HAMMER (Highly Agile and Manoeuvrable Munition Extended Range), peluru kendali presisi udara-ke-darat yang diproduksi oleh Prancis. Rudal efektif menargetkan objek sasaran yang diperkuat setipe bunker di dalamn tanah dengan jangkauan 70 km.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini