Share

Kisah Pencuri di Rumah Hoegeng, Cuma Bisa Gondol Seragam Polisi yang Lagi Dijemur

Fay Cilla, Okezone · Rabu 22 Desember 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 337 2521067 kisah-pencuri-di-rumah-hoegeng-cuma-bisa-gondol-seragam-polisi-yang-lagi-dijemur-RXlgIHhsLh.jpg Hoegeng (Foto: istimewa)

JAKARTA - Hoegeng Imam Santoso dikenal sebagai seorang tokoh teladan yang terkenal dengan sifat jujur, sederhana, dan disiplin. Dalam riwayat hidupnya, Hoegeng tetap mempertahankan komitmennya dalam jabatan apapun.

Ia sempat menjadi Kapolri ke-5 dan dua kali menjabat sebagai Menteri Iuran Negara dalam kabinet Dwikora I & II. Banyak kisah Hoegeng yang inspiratif untuk dijadikan teladan tentang sosok Hoegeng ini.

Beberapa kisah tersebut di antaranya seperti Hoegeng diberi mobil atau motor, perabotan rumah, bahkan rumah saat ia menjabat sebagai menteri maupun Kapolri, akan tetapi tidak ada satu pun yang diterima.

Selain cerita penolakan Hoegeng terhadap pemberian semasa ia menjabat, ada cerita lucu, seperti Hoegeng juga sempat kemalingan.

Saat itu seorang pencuri sempat melompat dari tembok belakang rumahnya di Jalan Madura, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: Hoegeng Pernah Jadi Mentri dan Kapolri, tapi Masih Ngontrak Rumah

Mungkin pencuri tersebut mengira Hoegeng memiliki banyak harta setelah menjabat sebagai Menteri dan Kapolri. Didit selaku anak Hoegeng bercerita dalam buku Hoegeng Polisi dan Mentri.

Baca juga: Kelakar Hoegeng: Bukan Menteri Iuran Negara tapi Menteri Sayuran Negara

“Pencuri hanya berhasil membawa baju seragam Kapolri Papi yang baru dijemur. Waktu itu, di baju seragam papi masih menempel tanda-tanda kepangkatannya yang baru selesai dibraso oleh Pak Pardi, staf ajudan Papi,” ucap Didit.

Namun bukannya Hoegeng marah karena ia kemalingan baju seragam, ia malah tertawa terpingkal-pingkal.

“Mungkin dikiranya baju itu penuh emas ya, padahal itu cuma logam yang tiap hari digosok,” kata Hoegeng terkekeh.

Baca juga: Hoegeng Diangkat Soekarno Jadi Menteri Iuran Negara Atas Usul Sultan Hamengku Buwono IX

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini