Share

Ronggowarsito dan Mitos Ramalan Zaman Edan

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 22 Desember 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 337 2521000 ronggowarsito-dan-mitos-ramalan-zaman-edan-1r6PDcJCiS.jpg Ronggowarsito/wikipedia

JAKARTA - Di masa lampau, kota Solo memiliki salah seorang pujangga ternama milik Keraton Solo. Pujangga ini bernama Raden Ngabehi Rangga Warsita atau dikenal dengan sebutan Ronggowarsito.

 (Baca juga: Misteri Air Terjun Madakaripura, Tempat Kesaktian Gajah Mada Lahir)

Dilansir dari Wikipedia, Rabu (22/12/2021), Ronggowarsito memiliki nama asli Bagus Burhan. Dia adalah anak Mas Pajangswara, cucu buyut Yasadipura II, pujangga utama Keraton Solo.

Konon, Ronggowarsito memiliki kemampuan meramal masa depan. Dirinya kerap disejajarkan dengan Raja Kediri Jayabaya dalam urusan meramal.

 (Baca juga: Misteri Pulau Gurun yang Terucap dalam Sumpah Palapa Gajah Mada)

Ronggowarsito membuat ramalan berbentuk syair. Salah satu ramalannya yang terkemuka adalah ramalan mengenai zaman edan dalam karyanya dengan sebutan Ramalan Ronggowarsito.

"Sekarang zamannya zaman gila. Kalau enggak gila enggak dapat bagian. Seberuntung-beruntungnya orang yang gila itu, masih lebih beruntung orang yang ingat dan waspada," ungkap Ronggowarsito dalam ramalannya setelah diterjemahkan dari bahasa Jawa.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Dalam syairnya tersebut, Ronggowarsito meramalkan situasi di masa sekarang yang serba tidak menentu. Syair tersebut saat ini disimpan di Museum Raya Pustaka bersama sederet karya lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini