Share

Perindo Luncurkan Konvensi Rakyat Berbasis Digital, Pengamat: Strategi dan Terobosan Bagus

Riezky Maulana, iNews · Selasa 21 Desember 2021 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 337 2520580 perindo-luncurkan-konvensi-rakyat-berbasis-digital-pengamat-strategi-dan-terobosan-bagus-xXSTbQXQA4.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Partai Perindo melalui Konvensi Rakyat berbasis digital membuat sebuah terobosan di dunia perpolitikan nasional.

Salah satunya dengan menggunakan sistem e-demokrasi dan e-voting dalam menjaring bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) di Pemilu 2024 yang akan datang.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menyebut, langkah yang dilakukan ini merupakan momentum untuk partai berlambang burung garuda ini menjadi sebuah partai yang modern.

"Itu merupakan strategi yang positif dari Partai Perindo dan merupakan terobosan yang bagus. Program yang bisa menjadikan Partai Perindo sebagai partai modern," ucap Ujang ketika dihubungi, Selasa (21/12/2021).

Pria kelahiran Subang, Jawa Barat ini mengatakan bahwa salah satu karakteristik partai modern yaitu mengikuti perkembangan zaman dan menjaga iklim demokrasi. Menurutnya, kedua hal itu ada di gagasan Partai Perindo.

"Partai modern itu partai yang menjalankan fungsi partai dengan cara-cara demokrasi dan juga mengikuti perkembangan zaman," ungkapnya.

Menurut dia, dengan menerapkan sistem digital tentunya akan berdampak positif untuk meraup suara dari generasi muda. Pasalnya, di 2024 mendatang, Indonesia menghadapi bonus demografi dan dan anak-anak muda pun telah amat melek dengan dunia internet.

"Bisa saja akan diminati anak-anak muda. Karena anak muda itu kan sangat melek internet dan banyak melakukan aktivitasnya secara digital," tuturnya.

Dia menjelaskan, apa yang ditawarkan Partai Perindo merupakan hal yang positif. Kendati demikian, untuk mencapai hal yang maksimal maka segenap elemen partai harus berjuang.

"Prospeknya bagus. Tinggal ya bagaimana para kader, pengurus, simpatisan, dan para calegnya itu berjuang maksimal," ujarnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini menuturkan, langkah penerapan digitalisasi yang dilakukan juga baik untuk mencegah perilaku koruptif. Menurutnya, dengan digitalisasi maka akuntabilitas akan tercapai.

"Penerapan digitalisasi membuktikan bahwa Perindo sangat peduli dengan akuntabilitas. Dan itu bagus, untuk contoh bagi partai-partai lain," bebernya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini