Share

Pemerintah Gelar Operasi Lilin hingga Pertebal Petugas saat Nataru, Catat Tanggalnya!

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 21 Desember 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 337 2520323 pemerintah-gelar-operasi-lilin-hingga-pertebal-petugas-saat-nataru-catat-tanggalnya-UXGmuupEAZ.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto : IG @muhadjir_effendy)

JAKARTA – Pemerintah melalui Polri dibantu TNI beserta aparat terkait lainnya akan melaksanakan Operasi Lilin yang dimulai pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Keputusan ini hasil rapat koordinasi tingkat menteri terkati Persiapan Akhir Menghadapi Libur Nataru, Selasa (21/12/2021).

"Dilaksanakan pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, akan tetapi H-7 sudah dilakukan kegiatan pra operasi setelah tanggal 2 akan dilakukan pos operasi, H+7 terutama oleh polri dan TNI (dan aparat lainnya)," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy yang memimpin rapat, saat jumpa pers secara virtual.

Pemerintah juga memutuskan untuk melakukan penebalan petugas demi mengantisipasi dampak pergerakan orang di semua area, mulai dari mal, restoran, jalan tol, termasuk tempat wisata.

Baca juga: Kapolda Jabar Pastikan Tidak Ada Penyekatan-Penutupan Jalan saat Libur Nataru

"Kemudian akan mempercepat proses pemeriksaan dan mengurangi waktu tunggu hail PCR di pintu-pintu masuk sehingga tidak terjadi penumpukan PPLN baik darat, laut, udara," papar Muhadjir.

Selanjutnya, kata Muhadjir, pemerintah juga akan memperketat penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai sarana tracing dan monitoring. Jika ada yang tidak menggunakan aplikasi ini maka akan diberikan sanksi tegas.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Dalam rakor itu turut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Kemudian hadir pula Menkominfo Johnny G. Plate, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto, beserta pejabat negara lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini