Share

Prada Yotam Kabur Bawa Senpi, Panglima TNI: Tindak Tegas!

Riezky Maulana, iNews · Selasa 21 Desember 2021 06:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 337 2520123 prada-yotam-kabur-bawa-senpi-panglima-tni-tindak-tegas-wqjPfraidi.jpg Prada Yotam, Anggota TNI yang kabur dan bawa senpi (foto: dok istimewa)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa angkat bicara terkait kasus Prada Yotam Bugiangge anggota Yonif 756/MWS, yang kabur meninggalkan tempat tugasnya. Selain melarikan diri, yang bersangkutan turut membawa satu pucuk senjata api jenis SS1 V1.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa menuturkan bahwa Panglima TNI telah memerintahkan seluruh aparat hukum untuk TNI dan TNI AD untuk memproses hukum yang Prada Yotam.

"Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah memerintahkan seluruh penyidik, dan aparat hukum TNI AD dan TNI melakukan proses hukum terhadap pelaku," ungkap Prantara melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/12/2021).

Baca juga:  Prada Yotam Kabur Bawa Senjata SS1, TNI AD Temukan Pakaian dan Sepatu di Belakang Asrama

Lebih jauh dijelaskan, Andika turut memerintahkan aparat hukum untuk melakukan hal yang sama terhadap pihak-pihak yang membantu proses pelarian Yotam. Menurut dia, tindakan membawa kabur senjata telah melanggar beberapa aturan yang berlaku.

"Melanggar beberapa pasal pada Kitab Undang-Undang Hukum Militer (KUHPM), Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1948 dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Api," katanya.

Baca juga:  Profil Prada Yotam, Prajurit TNI AD yang Kabur Curi Senjata Laras Panjang

Prantara juga membenarkan bahwa Prada Yotam desersi dengan membawa sepucuk senjata SS2 V1. Dirinya meninggalkan dinas tanpa izin pada Jumat 17 Desember 2021 sekira pukul 17.00 WIT.

"Bahwa benar telah meninggalkan dinas tanpa izin oknum anggota Yonif 756, Kodam XVII/Cendrawasih, di Kabupaten Keerom, Papua (Prada YB) dengan membawa satu pucuk senjata api organik jenis SS2 V1," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, TNI AD terus melakukan pencarian terhadap Prada Yotam Bugiangge, seorang anggota Yonif 756/MWS, yang kabur meninggalkan tempat tugasnya. Sampai dengan saat ini keberadaannya belum diketahui.

"Belum (ditemukan) masih pencarian dan pendalaman," tutur Kapendam XVII Cendrawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga ketika dihubungi, Senin (20/12/2021).

Dia menjelaskan, petugas yang melakukan pencarian telah menelusuri asrama tempat tinggal hingga tempat sekitar. Dari upaya itu, ditemukan pakaian dan sepatu Yotam di semak-semak belakang asrama.

"Pencarian dilakukan mulai dari dalam asrama sampai dengan lingkungan sekitarnya, dan hanya menemukan pakaian dan sepatu yang dipakai Prada Yotam di semak-semak belakang Asrama," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini